Genjot Pariwisata, PUPR Selesaikan Peningkatan Jalan DPSP Manado-Bitung-Likupang

PUPR) terus melanjutkan pembangunan jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Reynas Abdila
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Satu di antaranya, DPSP Manado-Bitung-Likupang, Sulawesi Utara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ketersediaan infrastruktur jalan dengan kondisi baik akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata dan memudahkan wisatawan mencapai lokasi wisata.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Basuki, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Permintaan Tinggi, Kementerian PUPR Fokus Fasilitasi Pembiayaan Rumah Subsidi

Untuk mendukung konektivitas di DPSP Manado - Bitung - Likupang, Kementerian PUPR menyelesaikan preservasi dua ruas jalan dan satu jembatan, yaitu preservasi Jalan Girian (Bitung)-Likupang.

Kemudian, peningkatan Jalan Pantai Pulisan dan penggantian Jembatan Marinsow dengan total panjang jalan 45,47 km, serta jembatan 165,2 m.

Baca juga: Permasalahan Debit Air Irigasi Batu Balai, Waka DPD RI Akan Koordinasi ke Kementerian PUPR

Jalan Girian (Bitung)-Likupang terdiri dari preservasi jalan sepanjang 43,67 km dan jembatan 152,2 m.

Sebelumnya, untuk meningkatkan konektivitas di DPSP, Kementerian PUPR telah membangun Tol Manado-Bitung sepanjang 40 km yang merupakan tol pertama di Sulawesi Utara.

Pembangunan ruas tol Manado-Bitung merupakan dukungan bagi pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan DPSP Manado-Bitung-Likupang.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved