Breaking News:

Sandiaga Uno Yakin Ekonomi Pariwisata di Bali Segera Pulih Seiring Vaksinasi Bagi Pelaku Parekraf

Sandiaga Uno meyakini program vaksinasi pertama yang dilakukan di Grab Vaccine Center, Bali bagi pelaku parekraf parekraf akan berdampak positif.

Tribunnews.com/ Reynas Abdila
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meyakini program vaksinasi pertama yang dilakukan di Grab Vaccine Center, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) bagi pelaku parekraf akan berdampak positif.

Menurutnya, upaya ini dapat mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menparekraf menuturkan pelaku parekraf di Bali menjadi prioritas penerima vaksin, karena Provinsi Bali merupakan salah satu tulang punggung pariwisata Indonesia yang merasakan dampak signifikan akibat pandemi.

Baca juga: Satgas Terus Benahi Pelaksanaan PPKM Mikro Untuk Tekan Kasus Covid-19

Di tahun 2020 kuartal ke IV, pertumbuhan ekonomi Bali mengalami kontraksi sangat dalam yakni minus 12 persen.

“Saya senang sekali, harapan yang sempat kami sampaikan sebelumnya sudah langsung bisa diwujudkan dan direalisasikan yakni untuk memprioritaskan vaksinasi bagi para pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Bali oleh Menteri Kesehatan,” kata Sandiaga dalam press conference virtual, Minggu (28/2/2021).

“Dan ini awal dari upaya penyelesaian pandemi Covid-19. Untuk itu, kita harus optimistis karena kita sudah melihat titik terangnya,” ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Mencatat Saat Ini Terdapat 155.765 Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia

Peluncuran vaksinasi pertama bagi pelaku parekraf ini diresmikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan disaksikan langsung oleh Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, dan Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster.

“Kita ingin tiga ribu pelaku pekerja parekraf yang hadir untuk mendapat vaksin hari ini di Grab Vaccine Center, bisa memulai suatu langkah yang kolosal dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dan ini juga merupakan aksi konkrit dalam menerapkan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi yang indah sekali,” ujar Menparekraf.

Baca juga: Satgas Covid-19 Lepas 7 Tim Supervisi PPKM Mikro

Menparekraf Sandiaga juga berpesan agar pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin, meskipun nantinya sudah divaksin.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, pada tahap kedua vaksinasi ini diperuntukkan bagi masyarakat yang memang pekerjaannya mengharuskan mereka bertemu banyak orang, termasuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Vaksinasi tahap kedua ini ditargetkan selesai pada Juni 2021.

“Saya berharap gerakan vaksinasi ini bisa terbangun dengan adanya kemitraan yang baik seperti yang kita lakukan saat ini. Makin banyak mitra yang berpartisipasi, makin banyak komponen bangsa yang terlibat, makin besar kemungkinannya kita bisa mencapai herd immunity untuk melindungi teman-teman kita di seluruh Indonesia,” kata Menkes Budi Gunadi.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved