Breaking News:

BRG Logistics Jaga Harga Komoditas Tetap Stabil di Aplikasi Warung Pangan

Berdasarkan data survei yang dilakukan Kementerian Koperasi & UKM pada 2020, UMKM yang paling terdampak yaitu usaha sektor makanan dan minuman.

cybrain
Ilustrasi logistik 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT BRG Logistics mengakhiri rangkaian talkshow aplikasi Warung Pangan di Semarang, di mana sebelumnya berlangsung di Surabaya dan Yogyakarta.

Plt Asisten Deputi Bidang Pemetaan Kondisi dan Peluang Usaha Kemenenterian Koperasi & UKM, Rahmadi menyampaikan, apresiasi upaya BGR Logistics untuk berkolaborasi dengan pemerintah pusat maupun daerah dalam membangkitkan UMKM, percepatan digitalisasi produk dan jasa di Indonesia.

Berdasarkan data survei yang dilakukan Kementerian Koperasi & UKM pada 2020, UMKM yang paling terdampak yaitu usaha sektor makanan dan minuman.

Baca juga: Pentingnya Riset Bagi UMKM untuk Tahu Kebutuhan Pasar

"Sektor UMKM merupakan penopang perekonomian Nasional dengan kontribusi 60 persen dari PDB, UMKM dapat menyerap 97 peraen dari tolal tenaga kerja dan 99 persen dari total lapangan kerja. Tentunya kita harus mendorong mereka dengan platform digital di masa pandemik ini," ucap Rahmadi, Kamis (4/3/2021).

Direktur Pengembangan Usaha & Sistem Informasi BGR Logistics Tri Wahyundo Hariyatno menjelaskan, aplikasi Warung Pangan untuk menghubungkan produsen sebagai hulu dan UMKM/warung sebagai hilirnya dengan komoditas utama produk pangan.

"Pada tahun 2020 kami telah menghadirkan Warung Pangan dan pada 2021 ini kami hadirkan di Surabaya, Yogyakarta dan Semarang, lebih tepatnya pada bulan Februari 2021," papar Tri.

Untuk mempertahan harga di aplikasi Warung Pangan tetap stabil, kata Tri, BGR Logistics telah mengimplementasikan teknologi untuk mengatasi fluktuasi harga yang terjadi.

Baca juga: Komite IV Dorong Pemda Manfaatkan Sektor UMKM dan Pariwisata Genjot Pendapatan Daerah

"Dari sisi penyimpanan kami memiliki cold storage, mampu menyimpan komoditi dari produsen untuk menjaga ketersediaan stok agar harga tidak fluktiatif di aplikas Warung Pangan," ucapnya.

Selain itu, BRG juga Logistics bekerjasama dengan BUMN klaster langan yang memiliki tekhnologi pembibitan, pembenihan dan lain sebagainya.

"Ini akan membuat produk pangan yang mereka hasilkan, dan pasarkan akan terjaga kuaitasnya, serta terjaga stabilisasi harganya," tuturnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved