Breaking News:

Jokowi Harap Bendungan Sindangheula Bisa Kendalikan Banjir di Wilayah Serang Banten

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap, pembangunan Bendungan Sindangheula mampu mengendalikan banjir di wilayah Serang, Banten.

Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dan meninjau Bendungan Sindangheula yang berada di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (4/3/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap, pembangunan Bendungan Sindangheula mampu mengendalikan banjir di wilayah Serang, Banten.

Terlebih, bendungan itu mampu mengurangi banjir 50 meter kubik per detik.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan Bendungan Sindangheula di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (4/3/2021).

"Bendungan ini juga bermanfaat untuk pengendalian banjir dengan mereduksi, mengurangi banjir  
50 meter kubik per detik. Dari meluapnya, sungai yang sering meluap yaitu Sungai Ciujung dan Sungai Cidurian yang sering menggenangi Kabupaten Serang dan sekitarnya," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Berharap Hadirnya Bendungan Sindangheula Mampu Meningkatkan Produktivitas Pertanian di Banten

Selain itu, Presiden mengingatkan agar kawasan bendungan bisa menjadi daerah konservasi dan pariwisata. 

Harus kita jaga konservasi di sekitar waduk sehingga air waduk kita harapkan semakin tahun semakin meningkat dan manfaatnya bisa kita gunakan untuk masyarakat di Provinsi Banten.

Kepala Negara juga melihat adanya potensi wisata yang bisa dikembangan di wilayah bendungan dengan kapasitas tampung air sebesar 9,30 juta meter kubik itu.

"Saya melihat waktu tadi masuk, ini juga bisa menjadi destinasi wisata baru di Provinsi Banten dan juga mungkin bisa menarik dari provinsi lain di luar provinsi Banten," jelasnya.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved