Breaking News:

51,5 Persen Rumah Tangga di Indonesia Tak Punya Tabungan untuk Berjaga-jaga Saat Pandemi Covid-19

Berbagai cara dilakukan oleh rumah tangga di Indonesia untuk bertahan di tengah sulitnya krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini.

Editor: Dewi Agustina
freepik
Ilustrasi tabungan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dampak sosial ekonomi begitu terasa selama pandemi Covid-19 tak juga usai selama setahun ini.

Banyak kaum golongan atas hingga menengah ke bawah harus menanggung sulitnya beban ekonomi akibat kehilangan pendapatan dari tempat bekerja yang terpaksa tutup akibat pandemi corona.

Sebuah survei kolaborasi antar lembaga nasional dan internasional melakukan riset nasional terkait dampak pandemi pada kehidupan sosial dan ekonomi.

Hasilnya sangat mengejutkan, ternyata setengah dari seluruh rumah tangga di Indonesia atau 51,5 persen tidak memiliki tabungan untuk berjaga-jaga dalam kondisi darurat.

Deputi Direktur The SMERU Research Institute Athia Yumna menjelaskan hasil surveinya meliputi 12.216 sampel rumah tangga.

Sampel itu merupakan representatif dari tingkat nasional yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia yang dilakukan dalam kurun waktu antara Oktober-November 2020.

Baca juga: 3 Olahan Jahe Ini Bantu Tingkatkan Imunitas di Kala Pandemi

Baca juga: Ahli: Yang Membantu Selesaikan Pandemi Bukan Vaksin, Tapi Program Vaksinasi

Survei ini dilakukan SMERU untuk mengukur dampak dari Covid-19 terhadap rumah tangga Indonesia dan memaparkan informasi sebagai dasar atau masukan dalam pembuatan kebijakan pemerintah.

"Setengah dari seluruh rumah tangga atau 51,5 persen tidak memiliki tabungan untuk berjaga-jaga. Ini mengkhawatirkan, karena program bantuan sosial tunai tentu tak mungkin dilakukan terus menerus kalau ekonomi kita terus menurun," jelas Athia dalam webinar berjudul Analisis Dampak Sosial dan Ekonomi Pandemi Terhadap Rumah Tangga di Indonesia, Kamis (4/3/2021).

Selain itu, Athia menemukan fakta baru terkait surveinya yakni berbagai cara dilakukan oleh rumah tangga di Indonesia untuk bertahan di tengah sulitnya krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved