Breaking News:

Gejolak di Partai Demokrat

Max Sopacua Klaim KLB Demokrat Dihadiri 1.200 Peserta, Dianggap Kuorum untuk Lengserkan AHY

Max Sopacua menyebut persiapan penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat di Hotel The Hill sudah mencapai 99 persen.

YouTube/Agus Harimurti Yudhoyono
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam konferensi pers di Taman Politik DPP Demokrat, Senin (1/2/2021) 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Kegiatan Kongres Luar Biasa (KLB) partai Demokrat berlangsung di The Hill Hotel, Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, pada Jumat (5/3/2021), diperkirakan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

Anggota Majelis Tinggi Demokrat, Max Sopacua menyebut persiapan penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat di Hotel The Hill sudah mencapai 99 persen.

Dalam penjelasannya, ia mengatakan hampir seluruh pemilik hak suara, pemilik hak bicara dan peninjau kongres hadir dalam kegiatan ini.

"(Jumlahnya) mencapai 1.200 orang. Sebagian lagi masih di perjalanan," kata Max kepada wartawan di pelataran hotel tempat berlangsung KLB, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Massa Berkaus Moeldoko Ketua Umum Partai Demokrat Mulai Padati Lokasi KLB Demokrat

Lebih lanjut dikatakannya, untuk jumlah yang hadir sudah memenuhi kourum.

"Kalau yang hadir itu, sudah 2/3 atau setidak-tidaknya 50 persen plus 1," katanya.

Dalam penjelasannya, ia tak merinci siapa saja pemilik hak suara, yang jelas, sambungnya, para pimpinan DPD Demokrat provinsi yang hadir.

Terkait tudingan yang menyebutkan KLB ini ilegal dan diselenggarakan kader yang sudah diberhentikan, Max menjawab semua berlangsung dengan aspek legalitas.

"Semua berlangsung dengan aspek legalitas. Anda tahu, anda punya anak, mau buat acara sunatan aja ada izinnya," bebernya.

Dalam hal pemecatan, Max mengatakan bahwa pemecatan terhadap seseorang itu tidak lah bisa begitu saja.

"Siapa yang buat partai Demokrat ini kita semua. Bukan satu orang yang buat untuk memecat-mecat orang," tegasnya.

Terkait pencalonan ketua baru dalam KLB ini, Max mengaku, sejak KLB ini dicetuskan tokoh pertama yang diangkat adalah Moeldoko.

"Tapi, untuk calon ini tetap terbuka bagi siapapun. Tergantung hak pemilih suara. Kita tidak akan melakukan calon tunggal, itu tidak bagus karena menutup peluang orang lain," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Diklaim Dihadiri 1.200 Peserta, KLB Partai Demokrat di Sumut Sudah Kuorum untuk Lengserkan AHY

Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved