Breaking News:

Gejolak di Partai Demokrat

Profil Marzuki Alie, Ketua Dewan Pembina Demokrat Hasil KLB, Pernah Dua Kali Nyalon Ketum

Berikut ini profil Marzuki Alie, mantan Ketua DPR yang ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat versi KLB.

Penulis: Daryono
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Mantan Ketua DPR Marzuki Alie berjalan di ruang tunggu saat akan menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (9/8/2017). Marzuki Alie diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus tindak pidana korupsi pengadaan paket penerapan kartu tanda penduduk berbasis nomor induk kependudukan secara nasional (KTP elektronik) untuk tersangka Setya Novanto. Marzuki Alie kini menjadi Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat hasil KLB di Deli Serdang, Jumat (6/3/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini profil Marzuki Alie, mantan Ketua DPR yang ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang.

Selain menetapkan Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko sebagai Ketua Umum, KLB Partai Demokrat yang digelar Jumat (5/3/2021) juga menetapkan Marzuki Alie sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat. 

"Penetapan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat periode 2021-2026, bapak Dr Marzuki Alie," ungkap Johnny Allen Marbun, dikutip Kompas TV.

Posisi Dewan Pembinan Demokrat ini sekaligus menghapus struktur Majelis Tinggi Demokrat yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca juga: Tanggapi Polemik KLB Demokrat, Mahfud MD: Pemerintah Tak Bisa Melarang, Itu Masalah Internal Parpol

Selepas ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina, Marzuki menyatakan siap bekerajsama dengan Moeldoko untuk menenangkan Demokrat di Pemilu 2024. 

"Moeldoko Ketum, saya Ketua Dewan Pembina. Jadi keputusan Kongtes merupakan keputusan yang tertinggi. Jadi saya dan Pak Moeldoko akan bergandeng tangan untuk memenangkan PD 2024, termasuk memenangkan pilpres," sebut Marzuki dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan singkat, Jumat (5/3/2021).

Mantan Sekjen Partai Demokrat Marzuki Alie
Mantan Sekjen Partai Demokrat Marzuki Alie (ist)

Marzuki juga mengatakan bahwa keputusan KLB di Deli Serdang memutuskan mencabut jabatan Ketua Majelis Tinggi.

"Ketua Majelis Tinggi dicabut," tulis Marzuki.

Profil Marzuki Alie

Marzuki Alie lahir di Palembang, Sumatera Selatan pada 6 November 1955.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved