Breaking News:

Jerman Kucurkan Dana Rp 41 Triliun untuk Dukung Proyek Infrastruktur Hijau Indonesia

Pemerintah Jerman siap mengucurkan dana Rp 41 triliun untuk mendukung proyek infrastruktur hijau di Indonesia.

KBRI Berlin
Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Jerman siap mengucurkan dana Rp 41 triliun untuk mendukung proyek infrastruktur hijau di Indonesia.

Hal ini disampaikan Duta Besar RI Berlin, Arif Havas Oegroseno dalam sebuah pernyataan melalui KBRI Berlin, Senin (8/3/2021).

“Kerja sama ini merupakan refleksi dari hubungan dan kerja sama signifikan antara Indonesia dan Jerman yang memiliki latar belakang sejarah yang sangat panjang,” kata Arif Havas Oegroseno dalam keterangannya.

Baca juga: Kopi Boyolali Tembus Jerman, Ketua DPD RI Harap Daerah Lain Ikuti Jejak

Tekad Indonesia melakukan reformasi hijau di bidang pembangunan infrastruktur wilayah perkotaan mendapat dukungan dari Pemerintah Jerman melalui kerja sama “Inisiatif Indonesia – Jerman untuk Infrastruktur Hijau" yang implementasinya resmi diluncurkan, Kamis (4/3/2021).

Kerja sama ini diarahkan pada proyek transformasi dan inovasi wilayah perkotaan yang bertujuan untuk mengurangi tingkat emisi karbon di Indonesia.

Pertemuan virtual tersebut juga turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang meyakinkan Jerman bahwa inisiatif Indonesia untuk memperbaiki lingkungan akan mencapai sasarannya.

Baca juga: Wamenlu Mahendra Siregar Lepas Ekspor Perdana 1,5 Ton Kopi Asli Indonesia ke Jerman

Melalui kerja sama ini, Jerman akan memberikan dukungan pendanaan sebesar 2,5 miliar Euro, atau kurang lebih setara Rp 41,25 triliun.

Pendanaan ini akan diberikan secara bertahap selama lima tahun melalui kemitraan dengan bank KfW, yang merupakan Bank Nasional Jerman untuk pendanaan pembangunan, serta dengan pihak GIZ.

“Inisiatif ini contoh konkret bagaimana kedua negara melakukan kerja sama nyata dalam mengatasi isu perubahan iklim,” katanya.

Baca juga: Komentarnya Dianggap Rasis Terhadap BTS, Penyiar Radio Jerman Matthias Matuschik Dikecam ARMY

Selain dukungan pendanaan, Program Inisiatif Infrastruktur Hijau ini juga diwujudkan melalui kerja sama alih teknologi, kampanye penyadaran publik, serta dialog pada tataran kebijakan antara kedua pemerintah.

Menteri BMZ Jerman, Gerd Muller menegaskan Jerman terkesan dengan strategi dan target yang ditetapkan Indonesia untuk mengurangi sampah laut sebesar 70% di tahun 2025.

Begitupun program pengelolaan sanitasi, penyediaan air bersih, dan pembenahan sistem transportasi publik yang lebih efektif dan ramah lingkungan.

Dubes Oegroseno juga menyebutkan bahwa inisiatif ini merupakan contoh sangat baik dari implementasi kebijakan Indo Pasifik Jerman di kawasan Asia.

“Kita berharap langkah Pemerintah Jerman ini akan diikuti oleh negara-negara Eropa lainnya, atau bahkan Uni Eropa secara keseluruhan,” ujarnya.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved