Breaking News:

Korupsi Bansos Covid di Kemensos

Juliari Akui Sering Carter Pesawat Pribadi Saat Kunker: 'Anggaran Pastinya Saya nggak Paham'

Juliari mengakui beberapa kali dia menggunakan pesawat pribadi saat kunker ke daerah. Namun tidak tahu pasti anggaran sewa pesawat itu dari mana.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Sosial Juliari P Batubara mengenakan rompi oranye menaiki mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Minggu (6/12/2020). KPK resmi menahan Juliari P Batubara atas dugaan menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial penanganan COVID-19 di Kementerian Sosial usai Operasi Tangkap Tangan (OTT) pejabat Kemensos. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juliari Peter Batubara ternyata sering menyewa pesawat saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah daerah saat ia masih menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos).

Pesawat pribadi itu dicarter khusus tidak dengan kocek pribadi Juliari, melainkan dengan menggunakan anggaran Kementerian Sosial (Kemensos).

Juliari mengakui hal itu saat ia bersaksi di sidang lanjutan kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19 di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (22/3/2021).

Juliari bersaksi untuk dua terdakwa yang merupakan pihak penyuapnya yakni Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja.

"Saya pernah (kunker) dengan (transportasi) darat mobil, pesawat komersil, kadang sewa pesawat," kata Juliari di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat.

Juliari mengakui beberapa kali dia menggunakan pesawat pribadi saat kunker ke daerah. Namun, dia mengaku tidak tahu pasti anggaran sewa pesawat itu dari mana.

"Pernah beberapa kali (pakai pesawat khusus), mungkin sekitar 3 atau 4 kali. Yang saya ingat pernah ke Luwu Utara lihat banjir kalau nggak salah, ke Natuna, kemudian ke Bali pernah sekali, ke Semarang pernah, ke Tanah Bumbu dan Malang," jelasnya.

Mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara menjalani pemeriksaan lanjutan kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020.
Mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara menjalani pemeriksaan lanjutan kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020. (TRIBUNNEWS/ILHAM RIAN PRATAMA)

"Terkait penggunaan pesawat khusus gimana? Anggaran dari mana?" tanya jaksa KPK.

Juliari mengaku tidak tahu. Yang dia tahu, dia memerintahkan sekretaris pribadinya mencarter pesawat pribadi.

Lalu semua urusan biaya diserahkan ke Biro Umum Kemensos.

Halaman
1234
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved