Breaking News:

Karena Pandemi, Kepulangan 4 WNI Korban Sandera Abu Sayyaf Masih Tunggu Jadwal

Kepulangan 4 warga negara Indonesia (WNI) korban sandera kelompok teroris Abu Sayyaf Group (ASG) ke tanah air masih menunggu jadwal.

Dok Kemlu RI
Seorang sandera WNI berinisial MK (laki-laki, 14 th) kembali berhasil diselamatkan di Pulau Kalupag, menyusul diselamatkannya 3 WNI korban sandera Kelompok Abu Sayyaf pada Kamis (18/3) lalu. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepulangan 4 warga negara Indonesia (WNI) korban sandera kelompok teroris Abu Sayyaf Group (ASG) ke tanah air masih menunggu jadwal.

Direktur Perlindungan WNI, Judha Nugraha menyampaikan pandemi covid-19 menyebabkan penerbangan internasional dari Manila, Filipina terbatas, sehingga mereka masih harus menunggu.

“Masih menunggu jadwal penerbangan pulang. Saat ini, karena covid, penerbangan internasional dari Manila terbatas,” ujarnya saat dihubungi Rabu (24/3/2021).

Pada Selasa, pukul 16.30, berdasarkan informasi, KBRI Manila telah menerima 4 WNI sandera kelompok teroris Abu Sayyaf Group dari Pemerintah Filipina.

KBRI Manila dalam keterangannya menyampaikan serah terima dilakukan di Camp Aquinaldo.

“Keempat WNI tersebut diserahterimakan oleh Panglima Armed Forces of the Phillippines, Letjen Cirilito Sobejana, didampingi oleh Letjen Guillermo Eleazar dari the Phillippines National Police kepada KUAI KBRI Manila, Widya Rahmanto sebagai wakil Pemerintah Indonesia,” tulis KBRI dalam sebuah pernyataan, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: Kemlu RI: Seorang WNI Umur 14 Tahun Sandera Abu Sayyaf Kembali Berhasil Diselamatkan

Keempat WNI tersebut diterbangkan dengan menggunakan pesawat khusus militer Filipina dari Zamboanga ke Manila pada Minggu (21/3/2021).

Dalam sambutannya, Letjen Sobejana menyampaikan bahwa keberhasilan penyelamatan ini dapat tercapai berkat bantuan dari PNP, Pemda di Sulu dan Tawi-Tawi.

“Ini menunjukan bahwa dengan upaya dan kerja sama yang baik, pemerintah dapat menanggulangi dan mencegah penyebaran terorisme,” kata Sobejana.

Sementara KUAI KBRI Manila atas nama Pemerintah Indonesia menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya atas usaha seluruh pihak yang terlibat dan kerjasama yang baik antara Indonesia dan Filipina dalam upaya penyelamatan para WNI tersebut.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved