Breaking News:

Imbangi Perkembangan Zaman, Pusdikpal Kodiklatad Kerja Sama dengan Negara Produsen Alutsista

Setelah selesai sekolah, para personel akan kembali ke satuan-satuan asalnya untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan alutsista.

Tribunnews.com/Gita Irawan
Komandan Pusdikpal Kolonel CPL Taufan Tjandra Kusuma dengan para siswa di Pusdikpal Kodiklatad Cimahi Jawa Barat pada Kamis (25/3/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pusat Pendidikan Peralatan (Pusdikpal) Komando Pendidikan dan Pelatihan TNI Angkatan Darat (Kodiklatad) bekerja sama dengan sejumlah negara produsen alutsista yang digunakan TNI AD untuk mengejar perkembangan dunia alutsista yang semakin pesat.

Komandan Pusdikpal Kolonel CPL Taufan Tjandra Kusuma menjelaskan kerja sama tersebut di antaranya dilakukan melalui training of trainer (ToT).

Selanjutnya pihaknya juga akan melakukan penataran dan pembelajaran kepada siswa-siswa Pusdikpal.

Baca juga: Mengujungi Sekolah Para Teknisi Senjata dan Tank TNI AD di Gedung Peninggalan Belanda

Baca juga: Panglima TNI Perintahkan Vaksinasi 130 Ribu Prajurit Pakai AstraZeneca

"Banyak negara yang bekerjasama terhadap alutsista kita, ada negara Prancis, Jerman, Belgia dan lain-lain. Semua alutsista kita dari sana," kata Taufan di Pusdikpal Kodiklatad Cimahi Jawa Barat pada Kamis (25/3/2021).

Komandan Pusdikpal Kolonel CPL Taufan Tjandra Kusuma dengan para siswa di Pusdikpal Kodiklatad Cimahi Jawa Barat pada Kamis (25/3/2021).
Komandan Pusdikpal Kolonel CPL Taufan Tjandra Kusuma dengan para siswa di Pusdikpal Kodiklatad Cimahi Jawa Barat pada Kamis (25/3/2021). (Tribunnews.com/Gita Irawan)

Taufan mengatakan Pusdikpal mendidik hampir 1.000 personel setiap tahunnya.

Para siswa di Pusdikpal, kata Taufan, berasal dari satuan-satuan peralatan TNI AD yang tesebar di seluruh Indonesia.

Setelah selesai sekolah, para personel tersebut akan kembali ke satuan-satuan asalnya untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan alutsista.

"Sumber daya peralatan sangat penting untuk memelihara keberadaan alutsista kita, Angkatan Darat. Merekalah personel yang melaksanakan, mereka semuanya berada di garis depan supaya operasional alutsista kita siap sewaktu-waktu untuk digunakan," kata Taufan.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved