Breaking News:

Kabareskrim Perintahkan Polda Jawa Timur Usut Dugaan Penganiayaan Jurnalis Tempo di Surabaya

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menyatakan pihaknya telah menginstruksikan kepada Polda Jawa Timur (Jatim) untuk menyelidiki kasus tersebut.

KOMPAS.COM/DEWANTORO
Komjen Agus Andrianto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bareskrim Polri turun tangan mengenai dugaan kekerasan terhadap jurnalis Majalah Tempo bernama Nurhadi saat tengah bertugas mengkonfirmasi isu dugaan kasus suap yang terkait dengan mantan Direktur Pemeriksaan Dirjen Pajak Kemenkeu Angin Prayitno Aji.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menyatakan pihaknya telah menginstruksikan kepada Polda Jawa Timur (Jatim) untuk menyelidiki kasus tersebut.

"Polda Jatim akan melakukan penyelidikan dan penyidikan," kata Agus saat dikonfirmasi, Senin (29/3/2021).

Nantinya, Agus meminta pelaku untuk ditindak jika terbukti melakukan kekerasan terhadap jurnalis yang tengah menjalankan tugasnya tersebut.

Sebelumnya, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI mengecam kekerasan terhadap jurnalis Tempo, Nurhadi, yang tengah dalam tugasnya untuk meminta konfirmasi kepada mantan Direktur Pemeriksaan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Angin Prayitno Aji, pada 27 Maret 2021.

Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam menegaskan kepolisian harus mengusut dan menegakkan hukum atas peristiwa tersebut secara profesional, akuntabel dan transparan.

Tanpa kerja jurnalistik, kata Anam, publik luas tidak dapat menikmati hak atas informasinya. 

Melindungi kerja jurnalistik, kata dia, sama dengan menjamin hak publik atas informasi.

Baca juga: Jurnalis Tempo Alami Penganiayaan saat Meliput, LPSK Minta Penegak Hukum Usut Perkara

"Kami mengecam tindakan yang memperlakukan Nurhadi, seorang jurnalis Tempo yang bekerja jurnalistik dengan berbagai tindakan yang melanggar hak dan mengganggu kerja-kerja jurnalistik," kata Anam kepada Tribunnews.com pada Minggu (28/3/2021).

Diberitakan Surya.co.id sebelumnya jurnalis Tempo di Surabaya, Nurhadi, menjadi korban penganiayaan saat melakukan peliputan.

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved