Breaking News:

Paskah 2021

Jelang Paskah, Masjid Istiqlal Sediakan Lahan Parkir untuk Jemaat Gereja Katedral

Selama ini pihak Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral memang kerap berbagi lahan parkir jika adanya ibadah di Hari Raya.

Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Pelataran Masjid Istiqlal yang berlokasi di Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (2/4/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar mengatakan, pihaknya senantiasa mengedepankan prinsip toleransi antar umat beragama agar terciptanya kehidupan yang aman dan tenang.

Hal itu diterapkannya dengan memberikan layanan berupa lahan parkir untuk para jemaat Gereja Katedral Jakarta yang ingin melakukan rangkaian ibadat perayaan Paskah.

"Istiqlal juga ikut berpartisipasi bagaimana ikut serta berikan rasa aman dan tenang terhadap saudara-saudara kami yang sedang menjalankan ibadatnya," kata Nasaruddin kepada wartawan di depan Pintu Al-Fattah Masjid Istiqlal, Jumat (2/4/2021).

Lebih lanjut kata Nasaruddin, selama ini pihak Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral memang kerap berbagi lahan parkir jika adanya ibadah di Hari Raya.

Hal tersebut bahkan sudah disikapi dengan membangun terowongan silaturahmi antara Istiqlal dengan Katedral.

Kendati demikian, hingga saat ini terowongan yang letaknya tepat di antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral itu masih dalam proses penyempurnaan.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar 2 April 2021
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar saat ditemui awak media di depan pintu Al-Fattah Masjid Istiqlal, Jumat (2/4/2021).

Dia mengatakan, terowongan silaturahmi ini juga merupakan bentuk toleransi di antara keduanya.

"Terowongan ini bukan hanya lubang untuk menghubungkan Istiqlal dengan Katedral tapi itu juga simbol toleransi," tuturnya.

Untuk rangkaian ibadat Paskah ini, seluruh lahan parkir yang ada di Basement Masjid Istiqlal akan disediakan untuk jemaat Gereja Katedral.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved