Breaking News:

Paskah 2021

Polisi Perketat Pengamanan Gereja Saat Peribadatan Hari Paskah

Polisi menyatakan, pengamanan Hari Raya Paskah telah menjadi kegiatan rutin dan telah masuk ke dalam kalender pengamanan tahunan Polri.

TRIBUNNEWS.COM/DANANG TRIATMOJO
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri meminta kepada seluruh jajarannya di wilayah untuk memperketat pengamanan gereja saat peribadatan hari paskah pada hari ini, Jumat (2/3/2021).Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono menyampaikan pengetatan keamanan tersebut sebagai bentuk antisipasi adanya aksi teroris seperti yang terjadi di Gereja Katedral Makassar pekan lalu.

"Melihat situasi kekinian dengan kasus Makassar, Mabes Polri telah memberikan jukrah (petunjuk dan arahan) ke satuan wilayahan untuk lebih mewaspadai lagi akibat aksi dari terorisme ini sendiri, khususnya pengamanan pada kegiatan Paskah," kata Brigjen Rusdi kepada wartawan, Jumat (2/3/2021).

Rusdi menjelaskan, pengamanan Hari Raya Paskah telah menjadi kegiatan rutin dan telah masuk ke dalam kalender pengamanan tahunan Polri.

"Kalender Kamtibmas adalah satu kegiatan yang tiap tahun berulang dan selalu akan terjadi, termasuk paskah. Paskah adalah tiap tahun ini kegiatan yang rutin dilakukan oleh masyarakat khususnya umat Nasrani," ujar dia.

Baca juga: Antisipasi Aksi Terorisme Jelang Paskah, Keuskupan Agung Jakarta Imbau Gereja Tingkatkan Keamanan

Nantinya, kata Rusdi, setiap jemaat yang akan masuk ke dalam gereja akan diperiksa terlebih dahulu. Pihak kepolisian juga akan melakukan sterilisasi di lingkungan gereja.

Baca juga: Jelang Rangkaian Hari Paskah, Gereja Katedral Jakarta Dijaga Ratusan Personel Gabungan

"Yang kedua pintu-pintu masuk gereja diamankan oleh petugas bersama-sama dengan petugas gereja melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang yang dibawa, itu standar. Itu akan dilakukan dan itu menjadi bagian bagaimana kegiatan di gereja nanti dapat berjalan dengan damai dan dengan khitmad," kata dia.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved