Breaking News:

Wujudkan Kualitas Udara Sehat dan Bersih, Kota Jambi Siap Laksanakan Program Langit Biru

Program ini menyasar kendaraan roda dua, roda tiga, serta kendaraan umum plat kuning untuk menggunakan BBM berkualitas.

Istimewa
Audiensi yang dilakukan PT Pertamina bersama Walikota Jambi Sy Fasha. 

TRIBUNNEWS.COM - Kualitas udara yang buruk khususnya di perkotaan seringkali berdampak terhadap menurunnya kesehatan masyarakat. Anak-anak dan lansia menjadi kelompok masyarakat terparah yang terkena dampak pencemaran udara, masalah kesehatan seperti gangguan pernafasan hingga asma menjadi hal yang lazim ditemui khususnya bagi masyarakat yang tinggal di pemukiman dekat jalan raya ataupun perkotaan.     

Dalam rangka mendukung Pemerintah Kota Jambi untuk mewujudkan kualitas udara yang bersih dan sehat, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II siap melaksanakan Program Langit Biru (PLB).

PLB adalah salah satu program yang mendukung Pemerintah Daerah untuk mendorong penurunan emisi gas buang kendaraan, mengurangi pencemaran udara, khususnya pencemaran yang disebabkan sektor transportasi.

Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas dan ramah lingkungan dengan angka Research Octane Number (RON) yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan tentunya akan membuat kinerja mesin kendaraan lebih maksimal, mesin lebih awet yang berdampak kepada menurunnya biaya perawatan mesin. Tentunya berdampak pula terhadap meningkatnya kualitas udara dan meningkatnya kesehatan masyarakat.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan mengungkapkan, PLB adalah program edukasi yang memberikan pengalaman kepada masyarakat untuk menggunakan BBM berkualitas dengan angka oktan yang lebih tinggi, khususnya kepada pengguna BBM jenis Premium.

Program ini menyasar kendaraan roda dua, roda tiga, serta kendaraan umum plat kuning untuk menggunakan BBM berkualitas.

"PLB di Kota Jambi rencananya akan dimulai 03 April 2021," tambah Umar.

Adapun tahapan pelaksanaan program dengan memberikan harga khusus dari harga normal untuk BBM jenis Pertalite. Tahap 1, hemat Rp1.400 selama 2 bulan (Pertalite dihargai Rp6.450 per liter). Tahap 2, hemat Rp1.000 selama 2 bulan (Pertalite dihargai Rp6.850 per liter). Tahap 3, hemat Rp600 selama 2 bulan (Pertalite dihargai Rp7.250 per liter), dan bulan ke-7 Pertalite dijual dengan harga normal yaitu Rp7.850.

Pelaksanaan PLB ini telah memperoleh dukungan dari Pemerintah Kota Jambi. Hal ini terungkap dalam audiensi Pertamina MOR II yang diwakili oleh Endo Eko Satryo selaku Sales Area Manager (SAM) Retail Jambi kepada Pemerintah Kota Jambi yang diwakili langsung oleh Walikota Jambi, Syarif Fasha pada Maret 2021

"Pemerintah Kota Jambi mendukung sepenuhnya pelaksanaan Program Langit Biru," ujar Syarif.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved