Breaking News:

Cuaca Ekstrem di Indonesia Timur

IKA USAKTI Buka Posko Penyaluran Bantuan Korban Banjir Bandang di NTT

Para alumni yang ingin memberikan bantuan atau menyalurkan donasi maka dapat mengirimkan ke rekening yang telah ditentukan

IST
Banjir bandang di Flores Timur pada Minggu dini hari (4/4/2021) menyebabkan lima jembatan putus dan rumah warga rusak tertimbun lumpur. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Trisakti (IKA USAKTI) Azis Syamsuddin membuka posko penyaluran bantuan dan dompet peduli sebagai bentuk empati dan keprihatinan terhadap masyarakat korban bencana banjir bandang yang terjadi di wilayah Kecamatan Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"IKA USAKTI mengucapkan turut berduka cita yang mendalam dan turut prihatin atas terjadinya musibah bencana banjir bandang yang terjadi di Nusa Tenggara Timur. Sebagai bentuk respon cepat dan empati terhadap saudara-saudara yang terdampak bencana tersebut, IKA USAKTI membuka dompet peduli dengan mengetuk hati seluruh alumni dan keluarga besar Trisakti untuk berdonasi," kata Azis melalui keterangannya, di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Lebih lanjut, Azis menjelaskan saat ini tahapan yang telah di lakukan adalah pengumpulan donasi sambil berkoordinasi dengan relawan yang ada di lokasi bencana.

Di mana tim terus berupaya dalam memperoleh akses ke lokasi musibah.

"Kami masih terkendala akses, kecuali dengan transportasi darurat khusus kenegaraan yang digunakan oleh BNPB dan Kementerian Sosial, maka kita nantinya akan mengambil peran sebagai tim relawan yang membantu proses pasca evakuasi, tepatnya masa pemulihan di titik pengungsian," ujarnya.

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korpolkam itu menambahkan, IKA USAKTI telah memiliki Bidang Data dan Informasi (Kehumasan) yang terus berkomunikasi dengan perwakilan relawan di sana untuk selalu memperbaharui data dan informasi terkait korban serta kebutuhan para pengungsi.

"Kita telah mengirim tim ke lokasi untuk melakukan pendataan, bagaimana situasi dan kondisi terkini serta bantuan yang perlu diberikan kepada para korban musibah banjir bandang," ucapnya.

Baca juga: Pesawat ATR 72-600 Milik Garuda, Angkut Bantuan ke NTT

Ketua Bidang Data dan Informasi (Kehumasan) IKA USAKTI Lindsey Afsari Puteri mengatakan, dari hasil data wilayah terdampak serta kebutuhan yang dilaporkan, maka misi  pada masa pemulihan adalah turut memperkuat upaya pemerintah atau stakeholder yang telah bergerak di tahap evakuasi saat ini.

Baca juga: Tanggap Bencana di NTT dan NTB, Kemensos Salurkan Bantuan Rp 3,9 Miliar untuk Para Korban

"Nanti kita akan menambahkan Pos Kesehatan, Dapur Umum serta MCK Darurat. Mohon dukungan dari semua alumni agar kita bisa merealisasikannya dengan segera," kata dia.

Lindsey menyampaikan, bagi para alumni yang ingin memberikan bantuan atau menyalurkan donasi maka dapat mengirimkan ke rekening yang telah ditentukan dan dapat menghubungi kontak person yang telah di daftarkan secara resmi.

"Dompet Donasi IKA USAKTI Peduli Bencana NTT : Rekening BNI No. 6666 88 6860 atas nama Ikatan Alumni Universitas Trisakti. Untuk informasi dan konfirmasi bukti transfer: Alam Gaos (08111708191) / Didit Majalolo (082123021212)," pungkasnya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved