Breaking News:

Sebelum Tutup Usia, Daniel Dhakidae Ungkap Keinginannya Terbitkan Majalah Prisma Edisi 50 Tahun

Cendikiawan Daniel Dhakidae memiliki keinginan untuk menerbitkan majalah Prisma edisi 50 tahun, sebelum dia wafat pada 6 April 2021 lalu.

Kompas.com/Wisnu Widiantoro
Daniel Dhakidae 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Cendikiawan Daniel Dhakidae memiliki keinginan untuk menerbitkan majalah Prisma edisi 50 tahun, sebelum dia wafat pada 6 April 2021 lalu.

Hal itu diungkapkan Daniel Dhakidae kepada Ketua Dewan Pengurus Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Didik J Rachbini, beberapa hari sebelum cendekiawan yang banyak berkiprah di bidang sosial dan politik itu tutup usia.

Daniel Dhakidae adalah cendekiawan yang banyak berkiprah di bidang sosial dan politik.

Kiprahnya terlihat saat aktif dalam redaksi majalah Prisma, Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), serta divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas.

Daniel meninggal dunia akibat serangan jantung.

Baca juga: Ketua Dewan Pengurus LP3ES : Pemikiran Daniel Dhakidae Sangat Ekstrem untuk Dunia Ekonomi

Ia berpulang pada Selasa (6/4/2021) pagi di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta.

“Tiga hari sebelumnya (meninggal), dia komunikasi dengan saya tetapi tidak bisa telepon karena suaranya serak dan dia ingin menyampaikan, ingin membuat Prisma edisi 50 tahun. Dia katakan kata-katanya harus out of the box dan harus besar,” kata Didik J Rachbini dalam Webinar Cendikiawan dan Kekuasaan: Mengenang Pemikiran Daniel Dhakidae, di Channel Youtube LP3ES Jakarta, Minggu (11/4/2021).

Didik mengisahkan, saat itu Daniel berencana merealisasikan terbitnya Prisma edisi emas 50 Tahun hanya dalam waktu enam bulan.

“Rencanakan setengah tahun ya dari bulan April, Mei, Juni, Juli, Agustus. Itu empat, lima bulan cukup dia bilangnya,” katanya.

Baca juga: LP3ES: Indonesia Berada Dalam Proses Kemunduran Demokrasi Sejak 2016

Halaman
1234
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved