Breaking News:

Cara Unik Ganjar Pranowo Cegah Korupsi, Ajak KPK Duduk Bersama Bila Pembahasan Anggaran Buntu

Ketika terjadi kebuntuan dalam proses pembahasan anggaran yang rumit dan melibatkan banyak pihak, Ganjar kerap mengajak anggota KPK duduk bersama.

KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku punya caranya sendiri untuk mencegah prakti korupsi di lingkungannya.

Ganjar mengatakan ketika terjadi kebuntuan dalam proses pembahasan anggaran yang rumit dan melibatkan banyak pihak, ia kerap mengajak anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk duduk bersama.

Ganjar mengatakan cara tersebut sudah beberapa kali ia lakukan selama menjabat.

Baca juga: Kata Moeldoko, Jokowi Berharap Menterinya Tak Ditangkap KPK Lagi

Ternyata, kata Ganjar, cara tersebut terbilang efektif.

Hal tersebut disampaikannya dalam Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Stranas PK 2021-2022 secara virtual pada Selasa (13/4/2021).

"Jadi strategi kita simple, ketika terjadi deadlock untuk berkomunikasi soal anggaran yang rumit sekali melibatkan banyak pihak, kita minta izin Pak Firly. Dengan duduknya KPK mendampingi ternyata semua proses itu berjalan dengan lancar," kata Ganjar.

Baca juga: KPK Buka Peluang Kembali Jerat Sjamsul dan Itjih Nursalim di Kasus BLBI, Ini Syaratnya

Selain itu Ganjar juga menyampaikan kepada para peserta pembahasan anggaran tersebut maksud dari kehadiran anggota KPK dalam forum tersebut.

Dengan demikian, kata Ganjar, tidak ada lagi praktik korupsi atau kecurangan yang terjadi dalam proses pembahasan anggaran tersebut.

"Karena saya sampaikan ada KPK di sini ingin melihat. Maka prosesnya tidak ada lagi yang di bawah meja, tidak ada lagi yang di bawah taplak, sehingga semua bisa dilihat di atas meja," kata Ganjar.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved