Breaking News:

AHY: Tingkat Demokrasi Indonesia Berada di Bawah Negara Tetangga Malaysia, Filipina dan Timor Leste

Berdasar data dari lembaga The Economist Intelligence Unit, tingkat demokrasi Indonesia berada di bawah negara-negara tetangga seperti Malaysia.

Kompas TV
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan bahwa skor indeks demokrasi di Indonesia telah menurun secara signifikan.

Pernyataan tersebut diungkapkan AHY saat menjadi pembicara webinar School of Parliament 2021 yang diselenggarakan SMA Labschool Jakarta, bertajuk 'Membangun Integritas Generasi Penerus Bangsa: Menghadapi Dinamika Kehidupan Berpolitik'.

"Hal tersebut dijelaskan melalui sejumlah indikator yang mendasari demokrasi itu sehat atau tidak, contohnya nilai dari proses pemilu dan pluralisme, fungsi dan kinerja pemerintah, partisipasi politik, budaya politik serta kebebasan sipil," kata AHY melalui keterangan resminya dikutip, Minggu (18/4/2021).

Bahkan menurut AHY, jika berdasar data dari lembaga The Economist Intelligence Unit, secara ironis, tingkat demokrasi Indonesia berada di bawah negara-negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, dan Timor Leste.

"Secara umum terjadi penurunan demokrasi di Indonesia, itu lah yang akhirnya Indonesia dianggap berada di angka terendah dalam 14 tahun terakhir dari aspek demokrasi," katanya menambahkan.

Baca juga: Pendiri Demokrat Keberatan Langkah SBY Daftarkan Logo Partai ke Kemenkumham

Padahal kata putra dari eks Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu seharusnya Indonesia bisa menjadi contoh bagi negara demokrasi lainnya, paling tidak di Asia Tenggara.

Namun yang terjadi karena adanya praktik-praktik tertentu yang telah melukai perasaan masyarakat terutama dalam mengekspresikan diri, malah menjadikan skor demokrasi Indonesia mengalami penurunan.

"Banyak yang merasa takut, merasa dibungkam bersuara, dan lain sebagainya," lanjutnya.

Oleh karenanya dalam kesempatan Webinar tersebut AHY meminta kepada para generasi muda di Indonesia untuk siap menghadapi tantangan demokrasi tersebut nantinya.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved