Breaking News:

Kepada PM Vietnam, Jokowi Berkomitmen untuk Tingkatkan Kerjasama Menghadapi Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan PM Vietnam Pham Minh Chinch di Istana Bogor

TRIBUNNEWS.COM/FAHDI FAHLEVI
Wirjawan Hardjamulia, seorang lansia berumur 105 tahun, masih tampak bersemangat kala divaksin covid-19. Ia menghadiri Program Home Care & Home Delivery Vaksinasi 10.000 Lansia untuk Negara yang dilaksanakan di Rumah Sakit Husada, Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan PM Vietnam Pham Minh Chinch di Istana Bogor, Jumat, (23/4/2021).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa kedatangan PM Vietnam ke Indonesia dalam rangka menghadiri ASEAN Leaders Meeting yang digelar, Sabtu, (24/4/2021).

Dalam pertemuan bilateral tersebut Presiden mengucapkan selamat kepada Pham Minh Chinch yang terpilih sebagai PM Vietnam menggantikan Nguyen Xuan Phuc.

Baca juga: Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan PM Vietnam di Istana Bogor

"Sebagaimana diketahui PM Phạm Minh Chính dilantik sebagai PM Vietnam pada 5 april 2021 yang menggantikan Nguyen Xuan Phuc yang diangkat sebagai Presiden Vietnam untuk 2021-2026," kata Retno dalam Konferensi pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat presiden, Jumat, (23/4/2021).

Dalam kesempatan tersebut menurut Retno, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Vietnam merupakan negara sahabat dan menjadi mitra strategis RI di Asia Tenggara. Indonesia memiliki komitmen untuk terus menjalin hubungan bilateral yang saling menguntungkan bagi kedua rakyat.

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Dunia Lakukan Aksi Nyata dalam Pengendalian Perubahan Iklim

"Presiden juga menyampaikan harapan indonesia dan vietnam dapat terus bekerja sama agar kedua negara dapat keluar dari pandemi dan terus menjaga stabilitas keamanan di kawasan," katanya.

Retno mengatakan, Vietnam adalah mitra dagang keempat terbesar Indonesia di Asean. Nilai perdagangan antara Indonesia dan Vietnam naik hampir dua kali lipat dalam 5 tahun terakhir.

"Indonesia berada dalam urutan 28 FDI (Foreign Direct Investment) Vietnam, dan urutan kelima di antara FDI Asean, investasi Indonesia di Vietnam antara lain berupa bidang pertambangan, pacakaging batu bara, semen, properti, perternakan, otomotif dan lain sebagainya," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved