Breaking News:

Kapal Selam Nanggala Hilang Kontak

KSAL Ungkap Sejumlah Barang Ditemukan di Sekitar Titik Dugaan Lokasi KRI Nanggala, Apa Saja?

KSAL menyebut dalam beberapa hari lalu sampai hari ini, ditemukan kepingan dan barang-barang di sekitar lokasi terakhir kapal melakukan penyelaman.

Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Konferensi pers penemuan serpihan dan barang-barang kapal selam KRI Nanggala-402 yang muncul di permukaan laut. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di perairan Utara Bali telah dinyatakan tenggelam.

Beberapa serpihan diduga milik kapal selam KRI Nanggala-402 pun telah ditemukan.

Namun, sampai saat ini proses operasi SAR KRI Nanggala-402 masih terus dilakukan.

TNI Angkatan Laut bersama Polri, Basarnas, KNKT dan BPPT serta aset-aset Negara sahabat seperti Australia, Amerika Serikat, Singapura dan Malaysia telah berupaya dan semaksimal mungkin untuk mencari keberadaan KRI Nanggala-402.

Baca juga: Daftar Nama Penumpang dan Awak Kapal Selam KRI Nanggala yang Dinyatakan Tenggelam

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Sabtu 24 April 2021 di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai dalam press conference menjelaskan perkembangan terkini proses pencarian KRI Nanggala-402.

"Pagi dinihari (Sabtu) tadi merupakan batas akhir life support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala-402 selama 72 jam. Unsur-unsur TNI Angkatan Laut telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala-402. Serpihan ini menunjukkan bukti isyarat yang ketiga yaitu sub-sunk," tambah Panglima TNI.

Sementara Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menambahkan pada tiga hari lalu telah disampaikan bahwa Satgas SAR mengisyaratkan sub-miss.

Di mana pada fase sub-miss tersebut pihaknya telah mengerahkan kekuatan semua unsur-unsur.

Baik unsur-unsur TNI AL, unsur-unsur lain di mana unsur TNI AL telah mengerahkan 16 KRI dan 5 pesawat udara yang masih melaksanakan pendeteksian hingga saat ini khususnya unsur-unsur yang memiliki deteksi yang tinggi.

"Pada beberapa hari lalu dan sampai hari ini telah ditemukan beberapa kepingan dan barang-barang yang berada disekitar lokasi terakhir kapal selam tersebut terlihat," katanya.

Halaman
1234
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved