Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Korlantas Polri: 333 Titik Pemeriksaan Telah Disipkan Untuk Halau Pemudik

Korlantas Polri mulai melakukan pengawasan perjalanan menjelang periode peniadaan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Calon penumpang menuju bus yang akan dinaikinya di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021). Terminal Leuwipanjang akan menutup layanan angkutan bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) dari 6-17 Mei 2021. Kebijakan ini diambil untuk mendukung Pengetatan Persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yaitu peniadaan mudik dari 22 April-24 Mei 2021. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Sementara saat ini angkutan bus di Terminal Leuwipanjang menjelang penutupan layanan angkutan kondisinya sepi penumpang, bahkan beberapa bus ada yang membatalkan perjalanan karena jumlah penumpang hanya sedikit tidak bisa menutup operasional bus dan setoran. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Korlantas Polri mulai melakukan pengawasan perjalanan menjelang periode peniadaan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan mengatakan, pihaknya melakukan pengecekan untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang ingin melaksanakan perjalanan mudik.

Tentunya, sejumlah jalur yang mungkin manjadi jalur para pemudik.

Hal itu disampaikan Rudi dalam webinar bertajuk Stop Mudik! Tekan Turun Laju Covid-19 yang disiarkan kanal YouTube Lawan Covid19 ID, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Kakorlantas Pastikan Tindak Tegas Travel Gelap Saat Peniadaan Mudik: Tilang Hingga Mobil Ditahan

“Kita perlu mencegah jalur yang akan dilewati, baik jalur utama jalur tol, jalur arteri nontol, atau jalur alternatif, juga sudah kita cek di lapangan," kata Rudi.

Selain itu, Rudi menyebut, pihaknya telah menerjunkan pasukan untuk berjaga di 333 titik pemeriksaan.

Tentunya, titik ini ditentukan mulai dari tingkat keamanan serta strategisnya. Sehingga, seluruh pergerakan pemudik bisa dipantau dengan baik.

Baca juga: Cek Jalur Sumatera, Kakorlantas Polri: Covid-19 Masih Ada, Tunda Mudik Terlebih Dahulu

"Ada 333 titik check point atau pos penyekatan. Kita cek semua, apakah lokasi sudah strategis, aman, dan bisa mencegah, dan cara-cara sistemnya juga kita cek langsung,” katanya.

Selain itu, Rudi menyebut Korlantas Polri juga telah merespons soal larangan mudik dengan melaksanakan operasi keselamatan di lapangan.

“Pertama, langsung laksanakan operasi keselamatan selama 2 minggu mulai 12 April-25 April 2021 dengan fokus kegiatan melaksanakan sosialisasi secara massal tentang larangan mudik dengan mengajak semua stakeholder yang ada sehingga masyarakat memahami dan mau patuh,” jelasnya

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved