Breaking News:

Perayaan Hari Bumi, Mallsampah Kenalkan Teknologi Hijau Karya Anak Bangsa

Isu perubahan iklim dan krisis sampah global seharusnya jadi bagian penting sektor manapun, pemerintah, korporasi, startup teknologi dan masyarakat

IST
Kegiatan menghimpun sampah di area sekolah oleh platform recycling Mallsampah, asal Makassar. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Merayakan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2021, platform recycling Mallsampah, menggelar Indonesia Green Tech Forum (IGTF), dengan mengundang sejumlah startup teknologi dan stakeholders.

Indonesia Green Tech Forum (IGTF) menghadirkan berbagai narasumber yang terdiri dari akademisi, ilmuwan, praktisi serta para founder dan CEO sejumlah startup teknologi.

Adi Saifullah Putra, founder dan CEO Mallsampah mengatakan, isu perubahan iklim dan krisis sampah global seharusnya menjadi bagian penting dari sektor manapun, pemerintah, korporasi, startup teknologi, maupun masyarakat umum.

"Kami percaya transformasi selanjutnya bukan hanya tentang digitalisasi, tetapi juga tentang keberlanjutan di semua sektor kehidupan," ujarnya, Rabu (28/4/2021).

Indonesia Green Tech Forum 2021 mengangkat tema “Accelerating Transformation to A
Sustainable World with Green Technology” sejalan dengan tema Hari Bumi 2021, yaitu “Restore Our Earth” atau Pulihkan Bumi Kita.

Baca juga: Ringankan Beban Masyarakat Terdampak Gempa Bumi di Malang, Kementerian PUPR Kirimkan Bantuan

IGTF dibuka oleh Gita Wirjawan, advisor Mallsampah, sebagai keynote speaker.  Gita mengatakan, inovasi teknologi digital saat ini berkembang sangat pesat.

"Pengaruh Teknologi Artificial Intelligence, Blockchain, Bioteknologi, Fintech dan sebagainya seharusnya dapat dimanfaatkan oleh anak muda indonesia, untuk membawa kemajuan bagi bangsa, terutama dalam kaitannya dengan krisis iklim," ujarnya.

Sesi 1 IGTF diisi oleh Arfan Arlanda, CEO Jejak.in. Dia mengatakan, saat ini masyarakat sudah bisa mengkalkulasikan jumlah karbon yang telah dihasilkan dan menggantinya dengan cara menanam pohon melalui aplikasi kami.

"Pohon tersebut dapat dimonitor pertumbuhannya setiap hari melalui aplikasi yang dapat diakses kapan dan di mana saja,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved