Breaking News:

Hari Pendidikan Nasional

Hadiri Upacara Hardiknas 2021, Nadiem Makarim Kenakan Baju Adat Suku Rote NTT

Nadiem mendorong satuan pendidikan terus berinovasi, bereksplorasi dan melakukan transformasi pendidikan di tengah pandemi Covid-19.

Screenshot
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim memakai pakaian adat suku Rote yang menjadi simbol pakaian adat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di tingkat nasional di upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim menghadiri upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5/2021).

Mendikbud tampak mengenakan pakaian adat suku Rote yang menjadi simbol pakaian adat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di tingkat nasional.

Dalam sambutannya, Nadiem mendorong satuan pendidikan terus berinovasi, bereksplorasi dan melakukan transformasi pendidikan di tengah pandemi covid-19, kendati tidaklah mudah.

"Masa pandemi covid-19 bukanlah masa yang mudah bagi para pendidik, pelajar, orang tua dan kita semua yang beraktivitas di tengah wabah ini," kata Nadiem.

"Selama lebih dari setahun saya belajar memahami kesulitan pelajar yang berjibaku menghadapi berbagai tantangan belajar dari rumah, sekaligus memendam kerinduan bercengkrama dengan teman dan sahabat," lanjutnya.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim memakai pakaian adat suku Rote yang menjadi simbol pakaian adat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di tingkat nasional di upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5/2021).
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim memakai pakaian adat suku Rote yang menjadi simbol pakaian adat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di tingkat nasional di upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5/2021). (Screenshot)

Beberapa literatur menyebut bahwa pakaian adat suku Rote memiliki model yang khas, sejarah, keunikan dan juga nilai filosofis yang terdapat pada busana tersebut.

Keunikan tersebut terletak pada topi yang disebut “Ti’i Langga”.

Ti’i langga memiliki bentuk yang mirip dengan topi khas Meksiko yaitu topi sombrero.

Topi ini merupakan sebuah penutup kepala yang terbuat dari daun lontar kering yang menjadi simbol kewibawaan dan kepercayaan diri bagi kaum laki-laki di Suku Rote.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved