Breaking News:

Hari Pendidikan Nasional

Hardiknas 2021, Nadiem Dorong Pendidikan Indonesia Bangkit dari Kesulitan Akibat Pandemi Covid-19

Pendidikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut Nadiem haruslah menuju arah lahirnya kebahagiaan batin serta keselamatan hidup.

Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden
Nadiem Makarim memberikan pernyataan setelah resmi dilantik sebagai Mendikbud-Ristek. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim mendorong kebangkitan pendidikan Indonesia dari kesulitan akibat pandemi Covid-19.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan di upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang diselenggarakan di kantor Kemendikbud, Jakarta, Minggu (2/5/2021).

"Hari ini kita bangkitkan semangat untuk menyongsong lembaran baru pendidikan Indonesia," kata Nadiem.

Tahun ini merupakan merupakan tahun kedua kalinya Indonesia memperingati dan merayakan Hari Pendidikan Nasional di tengah suasana pandemi Covid-19.

Pria yang akrab dipanggil mas Menteri itu tak menampik masa pandemi covid-19 tidaklah mudah bagi semua elemen dalam dunia pendidikan seperti bagi para pendidik, pelajar, orang tua.

Namun ia berharap pada hari Iahir Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, sekaligus hari penting bagi pendidikan nasional ini, semua mengesampingkan sejenak segala kesulitan.

Pendidikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia menurutnya haruslah menuju arah lahirnya kebahagiaan batin serta keselamatan hidup.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim memakai pakaian adat suku Rote yang menjadi simbol pakaian adat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di tingkat nasional di upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5/2021).
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim memakai pakaian adat suku Rote yang menjadi simbol pakaian adat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di tingkat nasional di upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5/2021). (Screenshot)

"Esensi mendasar pendidikan haruslah memerdekakan kehidupan manusia,"kata Nadiem.

Nadiem mengajak masyarakat menjiwai dan menghidupkan kembali buah pemikiran Ki Hajar agar lekas tercipta pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia, serta terwujudnya kemerdekaan belajar yang sejati.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved