Breaking News:

BREAKING NEWS: Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Mentawai, Warga Panik Hingga Mengungsi ke Tempat Tinggi

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5.7 mengguncang wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Senin (3/5/2021) pukul 00.46 WIB dini hari.

Istimewa
Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5.7 mengguncang wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Senin (3/5/2021) pukul 00.46 WIB dini hari. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5.7 mengguncang wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Senin (3/5/2021) pukul 00.46 WIB dini hari.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempat berada di laut dengan kedalaman 29 kilometer pada posisi 2.34 LS dan 99.66 BT atau 35 kilometer tenggara Tuapejat, Sipora Utara dan 37 kilometer tenggara Kepulauan Mentawai.

BMKG merilis bahwa gempabumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, menurut laporan Kepala Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepualuan Mentawai, Amir, guncangan gempabumi dirasakan kuat selama 2-4 detik dan memicu kepanikan masyarakat hingga keluar rumah.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Kepulauan Mentawai Sumatra Barat

“Masyarakat panik dan keluar rumah,” kata Amir dalam keterangan tertulis seperti rilis yang dikirim Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati.

Amir menambahkan, guncangan kuat gempa bumi yang dirasakan juga membuat masyarakat di wilayah pesisir Pantai Desa Tuapejat mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

"Terdapat beberapa masyarakat di wilayah pesisir pantai Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai mengungsi ke tempat lebih tinggi,” jelasnya.

Baca juga: Jepang Diguncang Gempa 6,8 Magnitudo, Tidak Ada Peringatan Tsunami

Saat ini, BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai sedang melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan perangkat desa serta instansi terkait lainnya.

Hingga laporan ini buat, belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban jiwa.

Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved