Pilpres 2024

Survei LP3ES: Capres Terkuat 2024 Masih Dipegang Prabowo

Soal popularitas, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan pertama dengan 27,6 persen

Editor: Sanusi
zoom-inlihat foto Survei LP3ES: Capres Terkuat 2024 Masih Dipegang Prabowo
KEMHAN RI/KEMHAN RI
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberi wejangan saat menerima laporan kenaikan pangkat 10 Jenderal TNI yang bertugas di Kemhan, Selasa (27/10/2020). Kesepuluh Pati menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, empat di antara mereka merupakan jenderal bintang dua, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 89/TNI/Tahun 2020 dan Keppres RI Nomor 80 /TNI/Tahun2020. (TRIBUNNEWS/KEMHAN RI)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain partai politik, Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) juga melakukan survei terhadap tokoh-tokoh yang berpeluang kuat jadi capres pada pemilu tahun 2024 mendatang.

Elektabilitas tertinggi masih dipegang oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan 16,4 persen, disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 12,8 persen.

Peringkat ketiga ada nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 9,6 persen.

Menariknya, ada nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono(AHY) di bawah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 8,8 persen.

Baca juga: Ini 3 Kemungkinan Skenario di Pilpres 2024, Diantaranya Prabowo Vs Anies

Hal ini menjadikan AHY satu-satunya tokoh non pejabat publik yang masuk dalam lima besar tokoh nasional dengan elektabilitas tertinggi.

Di bawah AHY ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 7,5 persen serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, dengan elektabilitas 6,2 persen.

Baca juga: Survei Capres Litbang Kompas: Prabowo, Anies, dan Ganjar Bersaing Jika Pilpres Diadakan Saat Ini

Soal popularitas, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan pertama dengan 27,6 persen, diikuti oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri (23,3 persen).

Di luar dugaan, popularitas Ketua Umum Partai Demokrat AHY berada di posisi ketiga dengan 21,5 persen, diikuti Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 6,8 persen dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (6,1 persen).

Pengumpulan data survei ini dilakukan pada 8-15 April 2021, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur oleh 120 enumerator. Jumlah sampel 1.200 responden, terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih (penduduk usia dewasa) yang tercatat pada Pemilu 2019.

Adapun, sampel yang ditentukan dengan acak bertingkat (Multistage Random Sampling). Dengan Margin of Error +/- 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Peneliti LP3ES, Erwan Halil mengatakan bahwa dalam survei ini pihaknya juga mencari tahu alasan para respondennya memilih tokoh-tokoh tersebut untuk dijadikan preferensi sebagai Presiden. Setidaknya, dia melihat ada lima alasan teratas.

Pertama faktor berani (9,7 persen), diikuti oleh pengalaman (9,3 persen), merakyat (7,9 persen), cerdas dan memberi solusi (7,5 persen) serta berwibawa (6,1 persen).

"Berani dan berpengalaman menjadi alasan utama responden dalam memilih tokoh sebagai calon presiden. Disusul alasan merakyat, cerdas memberi solusi, dan tegas," ujar Erwan dalam pernyataannya, Rabu(5/5/2021).

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved