Breaking News:

Elektabilitas Partai Demokrat Moncer di Sejumlah Hasil Survei, Pengamat: Dipengaruhi Isu Kudeta

Kemampuan AHY mengorkestrasi penampilan partai Demokrat di media-media massa maupun di media-media sosial kata Adi juga patut diacungi jempol.

WARTAKOTA/Angga Bhagya Nugraha
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), saat bertemu dengan Presiden PKS Ahmad Syaiku di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/4/2021). Pertemuan tersebut merupakan mempererat tali silaturahmi sekaligus membahas kondisi politik nasional terkini. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Melejitnya elektabilitas Partai Demokrat (PD) dari hasil beberapa lembaga survei dinilai karena keberhasilan menangani upaya kudeta yang sempat melanda internal partai mercy tersebut.

"Tantangan yang dialami Partai Demokrat saat berupaya dikudeta oleh pihak luar, tidak ringan," kata Pengamat Politik Ubedilah Badrun, Kamis(6/5/2021).

Belakangan kata Ubedilah rekam jejak konflik internal partai politik selalu berujung kepada perpecahan dan disahkannya Kongres Luar Biasa (KLB) oleh pemerintah.

Baca juga: Gubernur Anies dan Ketua Umum Demokrat AHY Bertemu Pada Kamis Sore, Bahas Pilpres 2024?

Namun kata Ubedilah hal tersebut tidak terjadi di partai Demokrat.

Justru partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut berhasil mengatasi polemik dan konflik.

Hal itulah lanjut Ubedilah yang kemudian mengerek elektabilitas partai Demokrat.

Baca juga: Survei Terbaru LP3ES, Elektabilitas AHY Ikut Melejit Seperti Partainya Menyalip Golkar

"Boleh dibilang hanya Partai Demokrat yang berhasil lolos dengan utuh dan sebaliknya, pihak yang mencoba merampas kini cerai berai," ujarnya.

Dosen Ilmu Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini juga melihat sosok AHY yang bisa tepat dan cepat melakukan konsoildasi internal.

"AHY bergerak dengan cepat, berani dan dengan timing yang tepat. Dia bisa menunjukkan secara clear pada publik dan media bahwa seluruh jajaran Partai Demokrat hingga tingkat DPC," kata dia.

Halaman
12
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved