Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Hari Ini Ketua DPR Tinjau Penyekatan Mudik di Tiga Provinsi

Dari Banten Ketua DPR akan bergeser ke Brebes, Jawa Tengah, meninjau aktivitas penyekatan pemudik di Tol Pejagan.

WARTA KOTA/ WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PENYEKATAN DI PERBATASAN SERANG - Aparat gabungan memeriksa dengan ketat setiap kendaraan yang melintas di pos penyekatan Jayanti, Ksbupaten Tangerang, Jumat (7/5/2021). Di pos penyekatan ini petugas berhasil memutar balikan sebanyak 28 kendaraan karena terindikasi hendak mudik. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani akan meninjau pelaksanaan larangan mudik di tiga provinsi, Minggu (9/5/2021). 

Ini merupakan kali kedua Puan mengecek langsung arus mudik, sejak persiapan hingga pelaksanaan mulai 6 Mei lalu.

Ketiga provinsi yang akan dikunjungi Puan adalah Lampung, Banten, dan Jawa Tengah. Dia sangat berharap pelaksanaan di lapangan sesuai harapan demi mencegah penyebaran Covid-19.

"Mari kita menunda mudik demi kebaikan bersama,” kata Puan melalui keterangannya, Minggu (9/5/2021).

Baca juga: 288 Pemudik Tiba di Kampung Halaman Kota Tegal, Dinkes Hanya Temukan 1 Positif Covid-19

Puan akan menempuh perjalanan ke tiga provinsi itu menggunakan helikopter. Fokus lokasi yang bakal didatangi, bersama Ditlantas Polda tiap daerah, adalah posko-posko penyekatan kendaraan.

Baca juga: Nyaris Lolos dari Penyekatan, 47 Pekerja Hendak Mudik ke Ponorogo, Bus Akhirnya Putar Balik

“Kami ingin ada evaluasi berdasarkan pelaksanaan kebijakan tiga hari terakhir,” ucap Puan.

Lokasi pertama yang akan didatangi adalah Pelabuhan Bakauheni, di Provinsi Lampung. Setelah itu peninjauan dilanjutkan ke Pelabuhan Merak, Provinsi Banten.

Dari Banten dia akan bergeser ke Brebes, Jawa Tengah, meninjau aktivitas penyekatan pemudik di Tol Pejagan.

Menurut Puan, efektivitas peniadaan mudik pada Lebaran tahun ini hanya bisa dicapai dengan kebersamaan dan kedisiplinan semua pihak. 

Bukan hanya petugas dan dukungan pemerintah daerah, tetapi juga kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menahan diri tidak mudik demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Butuh konsistensi untuk melaksanakan aturan pelarangan mudik sampai arus balik. Pemda ikut membantu  program ini, terutama memantau dan tracking pemudik yang pulang sebelum ada aturan pelarangan agar tidak ada penyebaran virus Covid-19,” ujar Puan.

Pada 5 Mei 2021, Puan telah mengecek persiapan pelaksanaan penyekatan arus mudik di beberapa titik di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. 

Dia menegaskan, DPR RI akan terus mengawasi pelaksanaan larangan mudik, dan aparat di lapangan harus bertugas dengan humanis namun tetap tegas.

Penulis: chaerul umam
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved