Breaking News:

Ibadah Haji 2021

Arab Saudi Gelar Haji Tahun ini, Kemenag Segera Koordinasikan Rencana Operasionalnya

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Khoirizi menyambut baik rencana Arab Saudi menggelar ibadah haji pada tahun 2021 ini.

Humas Kemenag/Istimewa
Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi meninjau pelaksanaan seleksi di Asrama Haji Bekasi, Selasa (04/02/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Khoirizi menyambut baik rencana Arab Saudi menggelar ibadah haji pada tahun 2021 ini.

Menurutnya, kepastian penyelenggaraan haji sudah ditunggu masyarakat Muslim Indonesia, bahkan dunia.

“Kita tentu bersyukur dengan pengumuman dari Saudi bahwa tahun ini ada penyelenggaraan haji," ujar Khoirizi melalui keterangan tertulis, Senin (10/5/2021).

Meski begitu, Khoirizi mengatakan Pemerintah Arab Saudi baru mengumumkan kepastian penyelenggaraan haji.

Menurutnya, belum ada penjelasan dari Pemerintah Arab Saudi terkait rencana operasional haji pada tahun ini.

"Namun, Saudi baru memastikan adanya penyelenggaraan haji, belum mengumumkan rencana operasionalnya," ucap Khoirizi.

Kabar mengenai haji tahun ini, diumumkan Juru bicara Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab. Penyelenggaraan ibadah haji akan digelar dengan "kondisi khusus" untuk melindungi para jamaah dari Covid-19.

Baca juga: Arab Saudi Gelar Haji Tahun ini, KJRI Jedaah: Indonesia Tunggu Mekanismenya

Khoirizi mengatakan Kemenag bakal berkoordinasi dengan Pemerintah Arab Saudi terkait rencana operasional penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini.

“Saudi dalam pengumumannya menyebutkan bahwa rencana operasional haji tahun ini akan diumumkan di lain waktu. Kita akan segera koordinasikan terkait rencana operasionalnya ini," ucap Khoirizi.

Seperti diketahui, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya memastikan akan menggelar ibadah haji pada 2021 atau 1442 Hijriyah.

Dalam pengumumannya, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini akan dilaksanakan dengan "kondisi khusus" demi melindungi jemaah dari penyebaran virus corona (Covid-19).

"Otoritas kesehatan Kerajaan terus memantau situasi dan mengambil semua tindakan untuk memastikan keselamatan bagi semua," kata juru bicara Kementerian Haji dan Arab Saudi, dikutip dari Arab News, Senin (10/5/2021).

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved