Breaking News:

Ramadan 2021

Nadiem Makarim: Puasa Mengajarkan Pentingnya Toleransi Antar Umat Beragama

Nadiem mengajak sesama umat beragama untuk menjauhi sikap-sikap intoleransi.

Tribunnews/Jeprima
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menghadiri rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2021). Nadiem Makarim mengungkapkan, baru 15 persen sekolah di Indonesia yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ketat. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan puasa mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan.

Menurutnya, hubungan baik antara sesama manusia harus senantiasa dijaga.

"Kita harus menjaga hubungan baik dengan sesama manusia, terlepas dari latar belakang agama dan golongan," tutur Nadiem melalui keterangan tertulis, Senin (10/5/2021).

Ibadah puasa, kata Nadiem, juga merupakan praktik beragama yang dijalankan banyak umat agama lainnya.

Sehingga puasa, menurut Nadiem, mengajarkan spirit toleransi antar umat beragama.

"Teman-teman kita beragama Hindu juga berpuasa wajib di hari besar. Jelang Paskah, teman-teman Kristen juga beribadah puasa. Oleh karena itu, toleransi adalah nilai karakter yang harus dijalankan sebagai bagian hidup kebangsaan," kata Nadiem.

Baca juga: Nadiem Akan Hapus 3 Dosa Besar di Dunia Pendidikan: Intoleransi, Perundungan, & Kekerasan Seksual

Mantan CEO Gojek ini mengajak sesama umat beragama untuk menjauhi sikap-sikap intoleransi.

Menurutnya, pertemanan harus dibangun tanpa memandang perbedaan agama. Dia menilai semua orang memiliki hak untuk menjalankan agamanya.

"Tanamkan dalam benak kita rasa cinta terhadap perbedaan, lalu tularkan pada sekitar kita, agar semua orang punya hak yang sama dalam beragama, belajar, dan berkarya. Mari sama-sama kita wujudkan Indonesia yang bebas dari intoleransi yang akan mengakslerasi kemajuan bangsa kita," ujar Nadiem.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved