Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Tak Hanya Filterisasi Kendaraan, Polisi Juga Bakal Berlakukan Crowd Free Night di Malam Takbiran

Fadil menegaskan tidak boleh ada yang berkerumun lebih dari lima orang dalam kebijakan tersebut.

Tribunnews/Irwan Rismawan
ILUSTRASI - Petugas melakukan penyekatan arus mudik di Gerbang Tol Pejagan, di ruas Tol Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (7/5/2021) malam. Pada hari kedua pemberlakuan larangan mudik Lebaran, petugas gabungan melakukan penjagaan di sejumlah titik yang menjadi penghubung Jawa Tengah dan Jawa Barat. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya serius dalam meniadakan takbiran keliling untuk mencegah kerumunan.

Pihaknya bakal memberlakukan crowd free night di malam Idul Fitri 1442 H. 

"Setelah pukul 22.00 WIB, semua yang tidak memiliki kepentingan untuk berada di jalan sehingga dapat menimbulkan kerumunan akan kami minta kembali ke rumah masing-masing. Kita akan berlakukan konsep crowd free night," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (10/5/2021).

Fadil menegaskan tidak boleh ada yang berkerumun lebih dari lima orang dalam kebijakan tersebut.

Sebelum pemberlakuan crowd night free, polisi diketahui akan melakukan filterisasi kendaraan di sejumlah titik sejak pukul 18.00-22.00 WIB.

"Mengingat pada malam yang sama sampai pukul 21.00 masih ada aktivitas di mal, sehingga masyarakat yang akan ke mal itu masih bisa melangsungkan kegiatan," katanya.

"Tapi bagi mereka yang akan melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengundang kerumunan, maka kita akan melakukan filterisasi," sambung Fadil.

Kebijakan tersebut dikatakan Fadil sejalan dengan seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat dalam Pencegahan Penyebaran COVID-19 pada Masa Libur Idul Fitri 1442 H/2021 M.

"Bahwa takbir dilaksanakan secara virtual dari rumah masing-masing dan kalau di masjid atau musala maksimal 10 persen. Ini langkah kita untuk mengantisipasi adanya takbir keliling," pungkasnya.

Penulis: Reza Deni
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved