Breaking News:

Penanganan Covid

Survei Facebook: 80 Persen Orang Indonesia Bersedia Terima Vaksin Covid-19

Survei terbaru itu dilakukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama University of Maryland dengan kemitraan bersama Facebook.

Pixabay.com/FirmBee
Facebook 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kesehatan mengumumkan, sebanyak 80,8 persen masyarakat Indonesia bersedia menerima vaksin.

Survei terbaru itu dilakukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama University of Maryland dengan kemitraan bersama Facebook.

Survei yang memaparkan tingkat kedisiplinan penerapan protokol kesehatan dan kesediaan masyarakat dalam mengikuti program vaksinasi COVID-19 ini berlangsung pada 10 Januari hingga 31 Maret 2021.

“Karenanya kami sangat senang melihat laporan yang positif dari COVID-19 Symptom Survey yang menyatakan bahwa keraguan masyarakat untuk mendapatkan vaksin telah menurun dari 28,6% menjadi 19,2% selama periode Januari-Maret 2021 ini," ujar Oscar Primadi, Sekretaris Jenderal, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam keterangannya, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Setelah Ramadan Dipercepat, Target Satu Juta Dosis Per Hari

Baca juga: Komnas KIPI: Butuh Autopsi untuk Tahu Penyebab Meninggalnya Pria di Jakarta usai Vaksin AstraZeneca

Pengumpulan data COVID-19 Symptom Survey dilakukan oleh University of Maryland dengan mengedepankan dan menjaga privasi semua responden.

Selain responden dari Indonesia, orang-orang dari 200 negara dan negara bagian juga turut berpartisipasi dalam survei yang dilakukan diluar platform Facebook ini.

Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia Ruben Hattari mengatakan, survei dilakukan dengan mengedepankan privasi koresponden dan merupakan bantuan Facebook sebagai upaya penanggulangan COVID-19.

Lansia mengikuti vaksinasi Covid-19 di Jakarta, Selasa (27/4/2021). PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya (CAR Life Insurance) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan vaksinasi Covid-19 untuk para lansia dalam program Vaksinasi Industri Keuangan Non Bank. Tribunnews/Irwan Rismawan
Lansia mengikuti vaksinasi Covid-19 di Jakarta, Selasa (27/4/2021). PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya (CAR Life Insurance) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan vaksinasi Covid-19 untuk para lansia dalam program Vaksinasi Industri Keuangan Non Bank. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

"Saya berharap laporan survei ini, yang dimana tanggapannya dikirim ke para peneliti langsung dan tidak dapat diakses oleh Facebook, dapat membantu mengurangi dampak negatif yang disebabkan oleh pandemi. Saya juga berharap agar kami dapat terus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tidak hanya di tahun ini, namun seterusnya,” ujar Ruben.

Laporan Survei Gejala COVID-19 untuk Indonesia ini menganalisis data dari 178.988 responden dalam periode 10 Januari – 31 Maret 2021.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved