Breaking News:

Lebaran 2021

Kapolda Metro Jaya: Kondisi Objek Wisata di Jakarta Hari ini Sudah Terkendali

Saat ini kata Fadil, masih terus dilakukan evaluasi terkait pemberlakuan penutupan objek wisata di Jakarta.

tribunnews.com, Danang Triatmojo
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur ditutup usai pengunjung membludak, Sabtu 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menetapkan untuk menutup sementara beberapa objek wisata di Jakarta setelah membeludaknya jumlah pengunjung pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Terkait hal tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen pol Fadil Imran mengatakan, berdasarkan pantauan pihaknya, saat ini seluruh objek wisata yang ditutup tersebut kondisinya telah terkendali dengan baik.

Kabar itu disampaikan Fadil saat dirinya meninjau penerapan pos pemeriksaan arus balik Idul Fitri 1442 H di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek KM 34.

"Hasil laporan dari pak Yusri (Kabid Humas Polda) bahwa karena semua sudah tutup ya jadi situasi pantauan udara untuk objek wisata alhamdulillah Jakarta terkendali dengan baik," katanya kepada awak media, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: KRL Jabodetabek Layani 3,2 Juta Penumpang Selama Masa Libur Lebaran

Saat ini kata Fadil, masih terus dilakukan evaluasi terkait pemberlakuan penutupan objek wisata di Jakarta.

Nantinya kata mantan Kapolda Jawa Timur itu, akan diberlakukan pembatasan jumlah pengunjung hingga sepertiga dari jumlah maksimal kapasitas normal.

"Jadi ini perlu kita sadari bersama supaya tidak ada kepanikan dan tidak ada kesimpangsiuran informasi," tuturnya.

Sebagai informasi, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta telah memutuskan menutup sementara tiga kawasan usaha pariwisata.

Baca juga: Polda Metro Jaya Dirikan 12 Pos Pemeriksaan Swab Tes Antigen Untuk Pemudik Selama Arus Balik Lebaran

Ketiganya meliputi Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan.

"Penutupan sementara ini dilakukan pada 16-17 Mei 2021 dan diperbolehkan buka kembali pada 18 Mei 2021," kata Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gumilar Ekalaya dalam siaran pers yang diterima, Minggu (16/5/2021).

Dia menyampaikan penutupan sementara ini diberlakukan guna penguatan protokol kesehatan, Mengingat, ketiga kawasan wisata tersebut menjadi rujukan warga untuk mengisi waktu libur lebaran/Idulfitri 1442 H.

"(Penutupan sementara) Berdasarkan hasil evaluasi, adanya peningkatan pengunjung pada tanggal 14-15 Mei 2021. Kami meminta pengelola Taman Impian Jaya Ancol, TMII, dan Taman Margasatwa Ragunan untuk menutup sementara kawasan wisata tersebut selama dua hari," kata Gumilar.

Lebih lanjut, Gumilar juga mengimbau kepada pengelola tempat wisata dan masyarakat agar tidak melonggarkan protokol kesehatan di masa libur lebaran ini sehingga, tidak terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta.

"Ini perlu kerja bersama. Semoga ke depannya, baik pengelola tempat wisata maupun masyarakat, tidak longgar dalam menerapkan protokol kesehatan. Kami akan evaluasi terus dalam hal pembukaan tempat-tempat pariwisata di Jakarta," pungkasnya.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved