Breaking News:

Jokowi: Tahun Depan Persiapan Operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Progres pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah mencapai 73 persen, tahun depan masuk ke persiapan operasi.

Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangun proyek Kereta Cepat, Jakarta Bandung di Bekasi, Jawa Barat, Selasa, (18/5/2021). 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangun proyek Kereta Cepat, Jakarta-Bandung di Bekasi, Jawa Barat, Selasa, (18/5/2021).

Setelah meninjau Casting Yard 1 (tempat memproduksi beton), Jokowi meninjau tunnel atau terowongan pertama yang paling dekat dengan Jakarta. 

Jokowi mengatakan bahwa progres pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah mencapai 73 persen.

"Saya melihat progres sampai hari ini tadi dilaporkan kepada saya telah selesai 73 persen. Dan nanti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi," kata Jokowi.

Baca juga: Didampingi Dubes China, Jokowi Tinjau Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Bekasi, Jawa Barat, Selasa, (17/5/2021).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Bekasi, Jawa Barat, Selasa, (17/5/2021). (Sekretariat Presiden)

Jokowi berharap pada 2022 mendatang, kereta cepat dapat diujicoba sebelum kemudian dioperasikan.

kereta Cepat Jakarta-Bandung Sendiri ditargetkan beroperasi pada akhir 2022.

Selain itu Jokowi juga berharap bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat diintegrasikan dengan Lintas Rel Terpadu (LRT) dan Moda Raya Terpadu (MRT).

"Sehingga ada sebuah efisiensi waktu, kecepatan, dan kita harapkan ini bisa menjadi sebuah daya saing, competitiveness bagi negara kita untuk bersaing dengan negara-negara lain," katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangun proyek Kereta Cepat, Jakarta Bandung di Bekasi, Jawa Barat, Selasa, (18/5/2021).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangun proyek Kereta Cepat, Jakarta Bandung di Bekasi, Jawa Barat, Selasa, (18/5/2021). (Sekretariat Presiden)

Selain itu Jokowi juga juga berharap dalam pembangunan kereta cepat ada transfer teknologi.

Sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dapat mengambil dan menyerap ilmu dari pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung.

"Dan kita harapkan, nanti apabila sudah diputuskan akan diperpanjang sampai ke Surabaya, kesiapan SDM-SDM kita sudah memiliki pengalaman yang di Jakarta-Bandung," pungkasnya.

Dalam kegiatannya tersebut Presiden ditemani Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani,  Menteri BUMN Erick Thohir ,  Dubes China untuk Indonesia Xiao Qian, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved