Breaking News:

Cerita Seniman Yogyakarta Saat Buat Patung Bung Karno di Lemhanas, Sempat Mimpi Hal-hal Gaib

Patung Bung Karno di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Jakarta Pusat, diresmikan Megawati Soekarnoputri.

Istimewa
Seniman patung bernama Dunadi yang membuat Patung Bung Karno di Lemhanas RI, tengah berfoto di depan karyanya, Kamis (20/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Patung Bung Karno di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Jakarta Pusat, diresmikan Megawati Soekarnoputri, Kamis (20/5/2021).

Di balik peresmian itu, seniman patung bernama Dunadi menceritakan proses pembuatan Monumen Bung Karno yang kini ditempatkan di halaman depan Gedung Lemhanas tersebut.

Seniman asal Yogyakarta itu mengaku pernah mendapatkan hal mistis mulai dari mimpi hingga peristiwa lainnya selama proses pembuatan patung.

"Kalau untuk gaib-gaib itu sebenarnya ada dari segi mimpi, dari segi lainnya, tetapi saya abaikan," ujar Dunadi, di sela-sela peresmian Patung Bung Karno di Lemhannas RI, Jakarta Pusat, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Megawati Resmikan Patung Bung Karno Membaca Buku di Lemhannas RI

Menurut Dunadi, pembuatan patung awalnya berangkat dari ide Megawati.

Kemudian, dirinya mendapat perintah dari eks Wali Kota Solo FX Rudy Hadyatmo untuk memvisualisasikan Bung Karno menjadi patung.

"Jadi saya buat Bung Karno baca buku yang acuannya sesuai Patung Bung Karno di Blitar, yang dulu dibuat oleh Pak Sidharta. Beliau senior saya. Kemudian, kami menginginkan patung yang lebih besar lagi," kata Dunadi.

Patung setinggi empat meter itu dibuat dalam kurun waktu empat bulan lebih.

Baca juga: Patung Bung Karno Diresmikan di Lemhannas, Puan: Semoga Menginspirasi Pengabdian pada Bangsa

Prosesnya, kata Dunadi, dimulai dengan desain dahulu, kemudian dilanjutkan pembuatan maket sepanjang 30 cm.

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved