Breaking News:

Usulan Penetapan Hari Berkebaya Nasional Mulai Diproses, Ini Sejumlah Tahapannya

Usulan penetapan Hari Berkebaya Nasional yang menjadi satu hasil Kongres Berkebaya Nasional (KBN) 2021 mulai ditindaklanjuti.

Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi: Sejumlah gadis berfoto menggunakan kebaya lengkap dengan riasannya saat mengikuti acara Upacara Adat Ngarot di Desa Lelea, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (19/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usulan penetapan Hari Berkebaya Nasional yang menjadi satu hasil Kongres Berkebaya Nasional (KBN) 2021 mulai ditindaklanjuti.

Kemarin, Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat yang melibatkan berbagai kementerian terkait dan berbagai organisasi pendukung penetapan HBN.

“Gagasan besar ini harus didukung secara konsisten oleh kita semua, termasuk Kemenko PMK dan kementerian terkait lainnya. Kalau kita sama-sama bersinergi, tidak akan sulit mewujudkan HBN,” kata Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olah Raga Kemenko PMK Nyoman Shuida, Jumat (4/6/2021).

HBN diharapkan dapat ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI, mengingat kebaya sudah ditetapkan sebagai busana nasional Indonesia sejak tahun 1972.

Baca juga: Kebaya Foundation Ajak Perkuat Budaya Nusantara

Untuk itu, diperlukan kajian akademis menyangkut latar belakang budaya, psikologi, dan ekonomi yang holistik yang akan menjadi pertimbangan dan latar belakang penetapan HBN.

Rapat yang dipimpin Nyoman Shuida tersebut dihadiri pejabat Kemenko Polhukam, Kementerian Sekretariat negara, Kementerian Sekretariat Kabinet, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kemenparekraf, Kementerian Dalam Negeri, Kemenkop UKM, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.

Baca juga: KBN 2021 Usulkan Pemerintah Tetapkan Hari Berkebaya Nasional 

Sementara organisasi yang diundang adalah Perempuan Berkebaya Indonesia, Perempuan Indonesia Maju, Komunitas Cinta Budaya Nusantara, Komunitas Notaris Indonesia Berkebaya, Galang Kemajuan Ladies dan Lady Fire LJ Hooker, Yayasan Kebaya, dan Yayasan Busana Nasional Nusantara.

“Ada beberapa tahapan yang harus dilalui, dan kami bersyukur karena hari ini sudah bisa menindaklanjuti keputusan KBN untuk penetapan Hari Berkebaya Nasional serta pendaftaran Kebaya ke UNESCO sebagai warisan budaya tak benda asal Indonesia,” kata Lana T Koentjoro, Ketua Panitia KBN.

Tahap berikutnya yang harus dijalankan adalah membuat kajian akademis yang menjadi dasar penetapan HBN.

Halaman
12
Penulis: Sanusi
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved