Kerajinan Bahan Lunak: Penjelasan, Jenis Lengkap dengan Karakteristik dan Contohnya

Berikut ini penjelasan mengenai kerajinan bahan lunak, lengkap dengan jenis dan karakteristiknya.

Penulis: Adya Ninggar P
Editor: Gigih
idea.grid.id
ilustrasi lilin - Simak penjelasan mengenai kerajinan bahan lunak dalam artikel ini 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini penjelasan mengenai kerajinan bahan lunak.

Dalam artikel ini juga terdapat jenis, karakteristik serta contoh dari kerajinan bahan lunak.

Kerajinan bahan lunak merupakan sebuah hasil karya atau produk kerajinan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak.

Sama seperti kerajinan pada umumnya, kerajinan bahan lunak juga memiliki jenis dan karakteristik tersendiri.

Baca juga: 8 Planet dalam Tata Surya! Simak Penjelasan, Ciri Ciri dan Karakteristiknya

Baca juga: Jenis dan Karakteristik Cerita Fiksi, Lengkap dengan Penjelasan dan Contohnya

Jenis kerajinan bahan lunak dibagi menjadi dua, yaitu alam dan buatan.

Sementara karakteristik dan ciri khasnya bisa dilihat dari tekstur corak dan bentuknya yang menampilkan ciri budaya yang melatarbelakanginya.

Bagi masyarakat Indonesia, benda-benda kerajinan dapat menjadi alat untuk memperkenalkan keragaman budaya daerah Nusantara.

Daya tarik dari benda kerajinan setiap daerah ini memiliki corak dan bentuk yang berbeda-beda, sehingga kita dapat mengenal suatu daerah di tanah air melalui benda kerajinannya.

KERAJINAN OCIBANA - Tengku Durmiah, pengusaha kerajinan ocibana, sedang membuat aneka barang kerajinan yang terbuat dari bunga dan daun yang dikeringkan, di kawasan perumahan Pondok Makmur, Gebang Raya, Kota Tangerang, Kamis (30/7/2020). Barang kerajinan berlabel Drafteng, ini berupa kalung, bros, anting, gelang kaki hingga tas ini banyak diminati masyarakat karena terbilang unik dan eksotis serta ramah lingkungan. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
KERAJINAN OCIBANA - Tengku Durmiah, pengusaha kerajinan ocibana, sedang membuat aneka barang kerajinan yang terbuat dari bunga dan daun yang dikeringkan, di kawasan perumahan Pondok Makmur, Gebang Raya, Kota Tangerang, Kamis (30/7/2020). Barang kerajinan berlabel Drafteng, ini berupa kalung, bros, anting, gelang kaki hingga tas ini banyak diminati masyarakat karena terbilang unik dan eksotis serta ramah lingkungan. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Prinsip Kerajinan

Pada praktiknya kerajinan dibuat dengan mempertimbangkan wilayah kerja dengan beberapa prinsip, yakni:

- Keterampilan Tangan

Kerajinan dibuat dengan menggunakan keterampilan tangan. Meskipun diproduksi dalam jumlah banyak, produk kerajinan masih tetap menggunakan tangan. Sementara itu, produk industri mengacu pada kekuatan mesin. Inilah yang membedakan antara produk kerajinan dan produk industri.

- Keterampilan Teknik

Pembuatan benda-benda kerajinan dilakukan secara berulang dan berdasarkan keterampilan teknik/keprigelan. Sehingga produk yang dihasilkan sudah tentu memiliki ciri khas tangan yang nampak dengan detail, rumit dan hanya bisa dilakukan dengan keterampilan teknik yang dimiliki oleh tangan seseorang.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved