Breaking News:

BNET Wujudkan Digital Ekosistem di Karawang, Seluruh Desa Bisa Menikmati Akses Internet

PT Wahana Internet Nusantara (BNET) memiliki target mewujudkan digital ekosistem di Karawang, Jawa Barat.

IST
Ilustrasi digital ekosistem di Karawang, Jawa Barat. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Wahana Internet Nusantara (BNET) memiliki target mewujudkan digital ekosistem di Karawang, Jawa Barat.

Seluruh kecamatan bahkan desa di Karawang diharapkan dapat menikmati akses internet.

Adanya akses internet, desa digital bisa terwujud saat semua aktivitas kegiatan akan terdigitalisasi dengan baik, ekonomi berjalan dengan platform digital.

"Jika ini berjalan maka artinya desa memanfaatkan digitalisasi secara maksimal," kata Roberto Gustinov, CEO dan Direktur BNET dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/6/2021).

Roberto mencontohkan, pemanfaatan digitalisasi bisa dilakukan seperti administrasi pedesaan yang berbasis digital dan unit usaha ekonomi desa yang dirintis melalui situs platform digital.

Baca juga: Surge Targetkan Seluruh Stasiun KRL Jabodetabek Terknokesi Internet Lewat Jaringan Fiber

Sebagai bagian upaya mencapai target ini, BNET juga mengandeng Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Karawang untuk bersama menciptakan peluang baru bagi pemuda pemudi Karawang agar berperan aktif dan berkegiatan positif dalam membangun dan berkarya dalam bidang digital.

Guntar Mahardika,Ketua DPD KNPI Kab Karawang (kiri) dan Roberto Gustinov
Guntar Mahardika,Ketua DPD KNPI Kab Karawang (kiri) dan Roberto Gustinov (CEO dan Direktur PT Wahana Internet Nusantara, BNET) melakukan penandatangan kerjasama di Karawang, Jumat (11/6/2021) yang bertujuan menciptakan peluang baru bagi pemuda pemudi Karawang agar berperan aktif dan berkegiatan positif dalam membangun dan berkarya di wilayahnya

"Apalagi berdasarkan data yang dilansir dari Laporan Potret Sosial Ekonomi Badan Pusat Statistik Karawang memperlihatkan, 76% dari 2,44 juta penduduk Karawang merupakan usia angkatan muda," kata Roberto.

Baca juga: Cara Daftar Internet Unlimited PLN, Berikut Daftar Area Layanan Beserta Harganya

Sementara Guntar Mahardika, Ketua DPD KNPI Kabupaten Karawang mengatakan, jalinan kerjasama ini mendorong produk asli karawang untuk go internasional.

"Kolaborasi dengan BNET akan diisi pemberdayaan atau pelatihan untuk menciptakan SDM berkualitas dan berdaya saing, apalagi melihat perkembangan zaman di era 4.0 yang serba digitalisasi peran pemuda-pemudi harus bisa kompetitif dan produktif khususnya di kabupaten karawang," kata Guntar Mahardika.

Peran pemuda yang sangat sentral bagi pembangunan suatu daerah ini melatarbelakangi alasan terlaksananya perjanjian Kerjasama BNET dan KNPI Karawang.

Baca juga: Harga Berlangganan Internet PLN di Jabodetabek, Jawa, Bali, Sumatera, hingga Indonesia Timur

Secara keseluruhan penduduk muda Karawang menurut BPS merupakan gabungan dari Gen X, Gen Milenial, dan Gen Z, di mana 71,36% penduduk Karawang masuk di penduduk usia produktif (15–64 tahun) yang terbesar se-Jawa Barat.

Selain itu, sebagai bentuk komitmen BNET dalam berkontribusi terhadap masyarakat Karawang, BNET juga telah bekerja sama dengan pendidikan SMK Karawang dalam mengelola kelas industri untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang tersinkronisasi dengan kebutuhan di industri.

"Sehingga diharapkan lulusan lulusan SMK Karawang nantinya dapat memenuhi kualifikasi ataupun syarat syarat untuk mendapatkan lapangan pekerjaan lebih mudah di industri ketika sudah lepas sekolah," katanya.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved