Breaking News:

Perlakuan Tidak Manusiawi BLKLN Malang terhadap 5 CPMI, Hukuman Bullying Hingga Jatah Makan Dibatasi

Perlakuan yang tidak manusiawi dan menjurus ke perbudakan itu, seperti hukuman bullying terhadap CPMI; CPMI tidak boleh ke luar dan dikunjungi.

Dok Kemnaker
Kementerian Ketenagakerjaan telah melakukan investigasi terkait 5 CPMI yang kabur dari Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) Central Karya Semesta (CKS). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan telah melakukan investigasi terkait 5 CPMI yang kabur dari Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) Central Karya Semesta (CKS), Malang.

Investigasi yang berlangsung selama dua hari, yakni pada Jumat (11/6/2021) hingga Sabtu (12/6/2021) ini menemukan adanya sejumlah perlakuan tidak manusiawi yang dilakukan pihak BLKLN CKS terhadap 5 CPMI.

Hal itu yang membuat para PMI tersebut nekat kabur dari lantai 4 tempat pelatihan tersebut.

"Dari pemeriksaan yang telah dilakukan tim dari Kementerian Ketenagakerjaan, manajemen BLKLN CKS terindikasi telah melakukan perbuatan yang tidak manusiawi terhadap 5 CPMI," kata Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Suhartono pada Sabtu (12/6/2021) di Jakarta.

Perlakuan yang tidak manusiawi dan menjurus ke perbudakan itu, seperti hukuman bullying terhadap CPMI; CPMI tidak boleh ke luar dan dikunjungi oleh pihak keluarga; dan aturan makan sehari-hari yang tidak sesuai.

"Sehari semalam CPMI hanya dikasih makan sekali, pagi hari hanya diberi kolak 3 sendok, kemudian CPMI disuruh minum air yang banyak," sambungnya.

Baca juga: Kemnaker Terjunkan Tim Pengawas Ketenagakerjan Investigasi Lima CPMI di Malang

Dirjen Suhartono mengatakan, atas tindakan yang tidak manusiawi tersebut, kami bersama Pengawas Ketenagakerjaan Kemnaker akan mengambil tindakan tegas kepada pihak yang bertanggungjawab di balai latihan kerja yang berada di bawah naungan PT Cipta Karya Sejati (PT CKS) ini.

"Temuan dari tim di lapangan ini akan menjadi acuan untuk nantinya diambil tindakan terhadap manajemen BLKLN CKS, maupun P3MI PT CKS," ucapnya.

Pada investigasi ini, Kementerian Ketenagakerjaan menerjunkan Tim Satgas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia yang berasal dari Ditjen.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved