Breaking News:

Penanganan Covid

Menkes: Presiden Jokowi Minta Protokol Kesehatan Makan Bersama Diperketat

Jokowi menilai penyebab naiknya kasus, diyakini karena ada aktivitas mudik, berwisata, dan makan bersama.

Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Sentra Vaksinasi Covid-19 Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (9/6/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan Presiden Jokowi menyoroti kenaikan kasus Covid-19 dalam klaster keluarga.

Jokowi menilai penyebab naiknya kasus, diyakini karena ada aktivitas mudik, berwisata, dan makan bersama.

Ketiga aktivitas tersebut memicu tidak adanya jaga jarak dan kesempatan membuka masker.

Hal itu disampaikan Budi dalam konferensi virtual yang ditayangkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/6/2021).

"Sehingga beliau (Jokowi) meminta agar ketiga aktivitas di mana kesempatan untuk membuka maskernya tinggi, ini benar-benar diperhatikan dan sekali lagi implementasi (protokol kesehatan) di lapangannya diperketat," ungkap Budi.

Baca juga: Fakta Lonjakan Covid-19 di Jakarta, Naik 500 Persen dalam Sebulan hingga Langkah Anies Baswedan

"Untuk kegiatan-kegiatan seperti liburan panjang, kegiatan pariwisata yang berkerumun, dan juga kegiatan makan bersama itu yang beliau tekankan (protokol kesehatan)," sambung mantan dirut Bank Mandiri ini.

Menkes Budi melanjutkan, protokol kesehatan harus dijalankan dengan disiplin sesuai dengan aturan PPKM Mikro yang telah dirumuskan, karena diakui banyak aturan sudah baik untuk zona merah, oranye, kuning, tapi pratik di lapangan perlu didisplinkan.

"Beliau (Jokowi) menugaskan Panglima TNI dan Kapolri untuk memastikan bahwa implementasi di lapangan dari PPKM Mikro ini benar-benar dijalankan sesuai yang dirumuskan," ungkap Budi.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved