Breaking News:

KSAL Tinjau Kampung Bahari Nusantara di Merauke Papua

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dan Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono menyambangi Kampung Bahari Nusantara di Kampung Lampu Satu, Merauke.

Dinas Penerangan Angkatan Laut
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono beserta Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono menyambangi Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Kampung Lampu Satu Merauke Papua pada Rabu (16/6/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono menyambangi Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Kampung Lampu Satu, Merauke, Papua, Rabu (16/6/2021).

Kunjungan Yudo tersebut dalam rangka melihat langsung kegiatan pemberdayaan potensi masyarakat pesisir oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke.

KBN merupakan ide atau gagasan Yudo yang ditujukan untuk memberdayakan warga pesisir agar potensi daerahnya dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga masyarakatnya bisa sejahtera.

Bentuk pembinaan TNI AL kepada warga di KBN adalah yang menyentuh kehidupan masyarakat secara langsung meliputi lima klaster yang telah ditetapkan yaitu ekonomi, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan pertahanan.

Kampung Lampu Satu di Kabupaten Merauke menjadi salah satu daerah yang dipilih menjadi tempat pembentukan KBN dari daerah-daerah pesisir di seluruh Indonesia.

Baca juga: Mengenal Sosok Ahmadi Heri Purwono yang Disebut Jadi Calon KSAL Pengganti Laksamana Yudo Margono

"KSAL dalam kunjungannya yang didampingi para pejabat diantaranya Asrena KSAL, Aslog KSAL, Aspotmar KSAL, Pangkoarmada III, Kadisfaslanal dan Koorsmin Kasal tersebut menyerahkan paket sembako kepada 70 warga KBN Merauke," sebagaimana dikutip dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Rabu (16/6/2021).

Seminggu sebelumnya telah dilaksanakan penanaman 1.000 pohon bibit mangrove oleh para prajurit Lantamal XI Merauke bersama warga untuk mengantisipasi terjadinya abrasi yang cukup tinggi di pantai Lampu Satu sebagai akibat minimnya keberadaan pohon mangrove di lokasi tersebut.

Baca juga: KSAL Tekankan Kesejahteraan Anak Didik dan Inovasi dalam Pendidikan di Kodiklatal

Selain bertandang ke KBN Merauke, Yudo didampingi Danlantamal XI Brigjen TNI (Mar) Wurjanto juga menemui para prajuritnya yang bertugas di Lantamal XI Merauke.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan motivasi dan semangat bahwasanya prajurit yang ditugaskan di wilayah perbatasan adalah prajurit-prajurit tangguh dan profesional di mana hal tersebut merupakan suatu kehormatan dari negara kepada prajurit-prajurit terbaik dan terpilih untuk menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

Baca juga: Di Hadapan Anggota DPR, KSAL Sebut KRI Nanggala 402 Sudah Terbiasa Latihan Tembak Torpedo

"Di Mako Lantamal XI, KSAL berkesempatan melaksanakan tabur benih ikan dan penanaman pohon di halaman Mako serta memberikan tali asih kepada para prajurit dan PNS Lantamal XI yang telah berdinas lebih dari 20 tahun di Merauke," lanjut keterangan tersebut.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved