Breaking News:

Kemendagri Beri Dukungan kepada BNPT Laksanakan REN PE 2020-2024

Tak hanya itu, REN PE juga perlu didukung dengan produk hukum di daerah, seperti Perda, perbup, maupun produk hukum lainnya,

ist
Peluncuran Peraturan Presiden tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) Tahun 2020-2024, di Hotel Shangri-La Jakarta, (16/6/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri mendukung Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam melaksanakan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang mengarah pada Terorisme 2022-2024 atau yang disebut dengan REN PE.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kemendagri, Bahtiar, mengatakan, sesuai kewenangannya, Kemendagri memberikan mendukung sepenuhnya.

Bahtiar menyampaikan itu saat peluncuran Peraturan Presiden tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) Tahun 2020-2024, di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Ia menyebut berdasarkan Pasal 1 ayat (4) Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 7 Tahun 2021, REN PE adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana untuk mencegah dan menanggulangi Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang mengarah pada Terorisme yang digunakan sebagai acuan bagi Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang mengarah pada Terorisme.

Baca juga: Kemendagri Dorong Peran Posko Covid-19 Daerah Maksimal di Perpanjangan PPKM Mikro

“REN aksi ini ujungnya pada BNPT yang diberi tugas, K/L lain termasuk Kemendagri sebagai pembina dan pengawas penyelenggaraan pemerintahan daerah tentu mendukung upaya ini, dalam hal pencegahan penanggulangan terorisme ini,” ujar Bahtiar.

Sebagai Kementerian yang memiliki tugas dan wewenang dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan di daerah, dukungan Kemendagri terhadap REN PE dapat dilakukan dengan bersama membangun dukungan ekosistem pelaksanaan REN PE di daerah.

Salah satunya lewat dukungan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan di daerah melalui pedoman umum penyusunan APBD.

“Kita harus bicara sejak awal, nanti kita ikat di Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri sebagia pembina pengelolaan keuangan di daerah, supaya dalam pedoman penyusunan APBD 2022, dimasukan soal REN aksi ini, agar pemda ini bisa masukan program kegiatannya di APBD, ini konkritnya supaya bisa dijalankan,” jelasnya.

Tak hanya itu, REN PE juga perlu didukung dengan produk hukum di daerah, seperti Perda, perbup, maupun produk hukum lainnya, termasuk menggerakan seluruh lapisan pemerintahan hingga ke level RT/RW.

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved