Breaking News:

Ditjen Dukcapil Kemendagri Raih 10 Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik 2021

Ditjen Dukcapil Kemendagri dan Dinas Dukcapil di bawahnya meraih 10 penghargaan inovasi pelayanan publik 2021 dari KemenPAN-RB.

Istimewa
Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) dan Dinas Dukcapil di bawahnya meraih 10 penghargaan inovasi pelayanan publik 2021 dari KemenPAN-RB.

Data yang diterima, Minggu (20/6/2021), sejumlah penghargaan tersebut meliputi; Top 15 Kelompok Khusus, Top 15 Kelompok Replikasi, dan Top 99.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah bersyukur atas penghargaan yang diterima.

Capaian tersebut, menurut Zudan, menjadi potret keberhasilan kinerja pelayan masyarakat di Dukcapil.

"Sebagaimana sering saya tanamkan kepada jajaran di pusat dan juga di daerah bahwa ruh Dukcapil adalah pelayanan dan inovasi," kata Zudan dalam keterangannya, Minggu (20/6/2021).

Ada 2 dinas Dukcapil yang meraih Top 15 Kelompok Khusus, yakni Dukcapil Kota Surakarta dengan produk inovasi 'KUWALAT SILA KIA' dan Dukcapil Prov Kaltara dengan produk inovasi 'SIPELANDUK KILAT'.

Baca juga: Dukcapil Kemendagri dan PLN Teken MoU Untuk Singkronkan Data 37 Juta Pelanggan Bersubsidi

Sebanyak 4 dinas Dukcapil meraih Top 15 Kelompok Replikasi, yakni Dukcapil Kota Magelang dengan produk inovasi 'SI BULAN', Dukcapil Kota Bekasi dengan produk inovasi 'e-OPEN', Dukcapil Kab Kotawaringin Barat dengan produk inovasi 'SIDA KAM KOBAR', serta Dukcapil Kab Banjar dengan produk inovasi 'JEMPOL PELANDUK'.

Empat dinas Dukcapil lainnya masuk dalam Top 99, yakni Dukcapil Kab Karanganyar dengan produk inovasi, 'PAK TUJI', Dukcapil Kota Denpasar dengan produk inovasi, 'AKU WARAS', Dukcapil Kota Pasuruan denga produk inovasi, 'PASTI DAKU KAWIN', serta Ditjen Dukcapil Kemendagri dengan produk inovasi bernama 'D’SIGN' (Digital Signature Dukcapil).

Baca juga: Dirjen Dukcapil: Tidak Ada Kolom Jenis Kelamin Waria di Dokumen Kependudukan Indonesia

Dirjen Zudan mengatakan dengan rincian tersebut, maka ada 10 produk inovasi Dukcapil yang meraih penghargaan inovasi pelayanan publik 2021 dari Kementerian Pendayahunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Bagi Dukcapil yang menerima penghargaan kali ini, saya ingatkan untuk tak mudah berpuas diri, harus terus berinovasi dan membaca dengan baik laju teknologi," ujarnya.

Pihaknya juga telah melaporkan capaian itu kepada Mendagri Muhammad Tito dan Sekjen Kemendagri, Muhammad Hudori, dan Kaban BPP Agus Fatoni.

"Mohon doa dan dukungan Bapak Menteri dan bapak Ibu JPT Kemdagri agar inovasi ini bisa lolos Top 45 dan Top 5," kata Zudan.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved