Breaking News:

Lewat Sentra Kreasi Atensi, Kemensos Berdayakan Puluhan Penerima Manfaat Berwirausaha

Kemensos memberdayakan puluhan penerima manfaat dengan berbagai latar belakang untuk dapat berwirausaha di Sentra Kreasi Atensi.

Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini (Tengah) bersama Raffi Ahmad dan Chef Renatta Moeloek saat mendatangi Sentra Kreasi Atensi di Bekasi Timur, Jawa Barat, Minggu (20/6/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Sosial RI (Kemensos) memberdayakan puluhan penerima manfaat dengan berbagai latar belakang untuk dapat berwirausaha di sebuah tempat khusus yang dinamakan Sentra Kreasi Atensi.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengatakan, upaya yang dilakukan pemerintah melalui Kemensos tersebut bertujuan afar penerima manfaat dapat memiliki penghasilan yang lebih baik.

"Ingin memberikan semangat, memberikan tempat, memberdayakan agar mereka (penerima manfaat) dapat bertahan hidup, survive," kata Risma saat mendatangi Sentra Kreasi Atensi, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (20/6/2021).

Para penerima manfaat ini kata Risma merupakan mereka yang kondisi perekonomiannya lemah.

Dominan dari mereka yang diberdayakan yakni para pemulung, tuna wisma, pencari rongsok hingga manusia silver.

Baca juga: Cerita Awal Kariernya ke Mensos Risma, Chef Renatta Rela Kerja 2 Bulan Tak Dibayar

"Kalo di Sentra Kreasi ini ada 38 (orang) sudah jalan, ada pemulung, ada tunawisma yang di pinggir jalan kaya manusia silver, ada anak jalanan juga, disediakan tempat untuk mereka berusaha," ucapnya.

Lanjut Mantan Walikota Surabaya itu mengatakan, agar usaha dari para penerima manfaat tersebut berkembang, maka pihaknya juga turut memberikan pelatihan.

Adapun pelatihan yang diberikan Kemensos yakni dalam waktu pertemuan yang rutin setiap Sabtu-Minggu.

Baca juga: Bakal Tampung 1.000 PMI dari Malaysia, Gubernur Sulbar Koordinasi dengan Mensos Risma

"Kami akan terus setiap sabtu kami ada traning Sabtu-Minggu mereka biasanya lihat untuk kegiatan training, kita rutin setiap sabtu minggu. Tapi juga kami adakan evaluasi untuk progres nya seperti apa," ujar Risma.

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com, di lokasi, para penerima manfaat tersebut diberikan ruang seperti halnya ruko untuk berjualan.

Ruko tersebut berada di sebuah lokasi layaknya taman yang dikelola Kementerian Sosial RI bernama Sentra Kreasi Atensi, Bekasi Jawa Barat.

Baca juga: Risma Minta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Respon Cepat Kebutuhan PPKS dan ODGJ

Dalam kunjungan Menteri Risma ini sendiri turut dihadiri artis kenamaan tanah air yakni Raffi Ahmad dan Chef Renatta Moeloek.

Pada acara tersebut, Menteri Risma bersama Raffi dan Renatta turut memberikan pengalamannya kepada para penerima manfaat yang hadir.

Tak hanya itu, ketiganya juga mempraktikkan cara mengelola usaha kuliner mulai dari mengolah hingga penyajiannya.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved