Breaking News:

Ini Pesan Dua Tokoh Papua untuk Generasi Mudanya

Pancasila harus diimplementasikan di setiap sendi kehidupan masyarakat Papua agar kesejahteraan, kedamaian dan keadilan terwujud.

HandOut/Istimewa
Editor buku “Masyarakat Pancasila” AM Putut Prabantoro bersama Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, di ruang kerjanya, Jayapura, Selasa (22/06/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Dua tokoh Provinsi Papua masing-masing Kapolda Irjen Pol Mathius D Fakhiri dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menegaskan, masyarakat Pancasila harus terwujud di tanah Papua.

Pancasila harus diimplementasikan di setiap sendi kehidupan masyarakat Papua agar kesejahteraan, kedamaian, dan keadilan terwujud.

Demikian ditegaskan kedua tokoh tersebut dalam kesempatan yang terpisah ketika menerima editor buku “Masyarakat PancasilaAM Putut Prabantoro, alumnus Lemhannas RI - PPSA XXI.

Buku karya terakhir sesepuh TNI dan mantan Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryohadiprojo itu diserahkan AM Putut Prabantoro, yang juga Ketua Gerakan Ekayastra Unmada (Semangat Satu Bangsa) di masing-masing kantor kedua tokoh tersebut di Jayapura, Selasa (22/06/2021).

Baca juga: Diwarnai Tangis Haru, Rachmawati Soekarnoputri Diangkat Jadi Ketua Dewan Pembina Persipura

Oleh Mathius D Fakhiri ditegaskan, Pancasila itu adalah anugerah bagi bangsa Indonesia termasuk bagi rakyat Papua.

Hanya dengan Pancasila, kesejahteraan, kedamaian dan keadilan akan terwujud di tanah Papua.

Para pemuda Papua darimanapun mereka berasal harus bekerja keras untuk memulai tanpa berhenti untuk mewujudkan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila.

“Ketika dilahirkan, kita tidak bisa memilih tempat kelahiran, siapa orang tua kita, apa suku dan agamnya, siapa saudaranya, siapa tetangga sebagai lingkungan di mana nanti kita semua akan dibesarkan dan juga termasuk apa pekerjaan orang kita. Semua yang diberikan saat kita lahir adalah anugerah dan itu semua adalah modal kita untuk hidup. Termasuk juga Pancasila sebagai dasar negara kita adalah anugerah bagi kita semua,” tegas pria kelahiran Manokwari ini.

Baca juga: Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman Meluncurkan Kampung Pancasila

Dijelaskan lebih lanjut oleh Mathius Fakhiri yang dibesarkan di Merauke ini, jika Pancasila diimplementasikan, masyarakat Papua yang sejahtera, damai dan adil akan terwujud.

Dengan Pancasila, semua akan mewujudkan hal tersebut dan harus dimotori oleh generasi muda Papua dari manapun mereka berada.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved