Breaking News:

Kinerja Jokowi

Cara Presiden Jokowi Respons Kritik BEM UI Dipuji Politisi PPP

PPP memuji sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang secara edukatif merespons kritik BEM UI terkait 'The King of Lip Service'. 

Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat suara soal kritik dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI), Selasa (29/3/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memuji sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang secara edukatif merespons kritik BEM UI terkait 'The King of Lip Service'. 

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani menilai Jokowi merespons secara edukatif lantaran tetap memperbolehkan mahasiswa mengkritik sebagai wujud ruang kebebasan berekspresi, namun juga menekankan kesantunan dalam mengkritik.

"Respons Pak Jokowi di atas edukatif. Presiden menegaskan ruang kebebasan berekspresi dalam alam demokrasi yang kita miliki pada satu sisi. Dan di sisi lain beliau juga menekankan soal kesantunan dalam budaya kita," ujar Arsul, kepada wartawan, Rabu (30/6/2021).

Baca juga: PKB Minta BEM UI Kritik Jokowi Tak Dibawa ke Meja Hijau

Arsul mengatakan PPP melihat respons Jokowi tak ubahnya memberikan keseimbangan antara hak dan kewajiban dalam praktik demokrasi. 

"Bagi PPP, respons Presiden ini memberikan keseimbangan praktik demokrasi antara hak dan kewajiban setiap warga negara, antara kebebasan yang lazimnya melekat dalam ekspresi demokrasi dengan kultur masyarakat yang tetap perlu kita jaga, agar tidak terjadi benturan sosial dan kegaduhan antara yang kelompok yang pro dengan yang kontra dalam menyikapi satu masalah," jelas dia. 

Wakil Ketua MPR RI itu juga menilai penekanan Jokowi agar kampus tak menghalangi mahasiswa untuk berekspresi adalah sebuah pendekatan persuasif dalam menyikapi kritik. 

"Lebih lanjut, secara implisit Presiden dengan pernyataannya itu juga menekankan semua yang di rumpun kekuasaan pemerintahan agar lebih persuasif dalam menyikapi kritik, apalagi yang datang dari kaum muda," jelas Arsul. 

"Ya itulah yang saya maksud bahwa Presiden secara implisit meminta jajaran pemerintahan, termasuk yang menguasai kampus, untuk persuasif," tandasnya. 

Penjelasan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya  terkait dengan unggahan BEM Univeristas Indonesia (UI) di media sosial yang menyebut bahwa dirinya merupakan The King Of Lip Service. 

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved