Breaking News:

ACT Hadirkan Layanan Kesehatan Daring Gratis di Masa Pandemi Covid-19

Layanan medis gratis ini dilakukan ACT melalui program Covid-19 Medical Careline Services yang diluncurkan pada Selasa (6/7/2021).

istimewa
Ketua Dewan Pembina ACT, Ahyudin saat berbicara dalam peluncuran Covid-19 Medical Carelines Services yang dilakukan secara daring, Selasa (6/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali memberikan bantuan kepada masyarakat berupa layanan kesehatan gratis secara daring di tengah masa pandemi Covid-19.

Layanan medis gratis ini dilakukan ACT melalui program Covid-19 Medical Careline Services yang diluncurkan pada Selasa (6/7/2021).

ACT bekerja sama dengan sejumlah lembaga, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Polri, BNN, serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk melakukan progran layanan kesehatan ini.

Ketua Dewan Pembina ACT, Ahyudin mengatakan, pandemi ini merupakan peristiwa bencana kemanusiaan yang luar biasa. Oleh karenanya butuh sebuah terobosan untuk mulai mengurangi ketakutan dan kesedihan yang dirasakan masyarakat.

Dengan program ini tentunya diluncurkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan memberikan rasa tenang.

Baca juga: ACT Targetkan 1.000 Layanan Kesehatan Gratis Per Hari di Masa Pandemi

Baca juga: Catat! ACT Luncurkan Medical Careline Services, Layanan Medis Gratis Saat Pandemi

"Memang terasa agak terlambat seharusnya kita melakukan aktivitas yang berkaitan langsung dengan situasi termutakhir yang merajalela, yakni Covid-19 di tanah air ini. Sama-sama kita sadari musibah hari ini jauh lebih besar dibandingkan dengan fase pertama tahun lalu," kata Ahyudin dalam peluncuran Covid-19 Medical Carelines Services yang dilakukan secara daring, Senin (6/7/2021).

Melalui program ini, kata Ahyudin, ACT berupaya mendukung pemerintah yang baru mengeluarkan kebijakan PPKM Darurat untuk mencegah penularan Covid-19 semakin meluas.

"Dengan menggandeng segenap elemen strategis, ketika PPKM Darurat diluncurkan pemerintah sebagai upaya pencegahan dan penyelamatan, maka sebagai dukungan elemen social society, kami membuat tema darurat solidaritas, darurat untuk saling tolong menolong, saling membela, saling menyemangati," ujarnya.

Layanan konsultasi kesehatan berbasis daring ini bisa dinikmati oleh masyarakat tanpa perlu keluar rumah atau berkunjung langsung ke dokter untuk meminimalisir risiko penularan virus yang lebih luas.

Program ini juga diharapkan dapat memudahkan masyarakat yang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri di bawah kontrol tenaga kesehatan, sehingga juga dapat meminimalisir risiko perburukan kondisi pasien.

“Pasien dapat berbicara langsung dengan tenaga kesehatan dan dokter untuk konsultasi kesehatannya. Jika kondisi kesehatan pasien memburuk dan harus ditangani secara langsung, maka tim ambulans ACT akan menjemput dan segera merujuknya ke pelayanan kesehatan terdekat,” jelas Dokter Arini yang juga menjadi Penanggung Jawab Program Covid-19 MCS ini.

Layanan Covid-19 MCS dari ACT akan menjangkau seluruh masyarakat di wilayah operasional berupa layanan konsultasi, obat, layanan ambulans, home care, dan integrasi program medis lain secara gratis. Masyarakat bisa mengaksesnya dengan menghubungi nomor 021-2940 -165. 

ACT juga akan menargetkan untuk memberikan 1.000 layanan kesehatan gratis per hari di tengah masa pandemi Covid-19.  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved