Breaking News:

Psikolog: Orang Tua Perlu Membangun Motivasi Belajar Anak di Tengah Pandemi

Banyak kasus yang ditemui di lapangan, menurut Yohana, menunjukan adanya indikasi penurunan motivasi dalam belajar anak.

Shutterstock
Ilustrasi belajar daring anak bersama orangtua 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pembelajaran berbasis daring dapat menimbulkan kebosanan anak dalam belajar.

Psikolog dari Yayasan Heart of People Yohana Theresia menilai kondisi pandemi banyak mempengaruhi kehidupan manusia, terkait pola pendidikan dan pengasuhan anak.

"Metode daring tentunya menjadi tantangan sendiri bagi kita semua yang terlibat di pendidikan dan parenting," ujar Yohana melalui keterangan tertulis, Selasa (13/7/2021).

Banyak kasus yang ditemui di lapangan, menurut Yohana, menunjukan adanya indikasi penurunan motivasi dalam belajar anak.

Baca juga: Sekolah di Masa Pandemi, Daring atau Tatap Muka Terbatas?

Menurut Yohana, hal itu tidak lepas dari banyak faktor diantaranya keterbatasan penguasaan gawai di sisi pengajar, materi pembelajaran yang kurang variatif, kurangnya kontrol penggunaan gawai hingga intervensi yang salah dari orang tua.

"Sehingga tentunya, jika motivasi belajar turun sangat berpengaruh ke banyak aspek lainnya, yakni level pemahaman, kreativitas, produktivitas dan tentunya hasil pencapaian pembelajaran itu sendiri," kata Yohana.

Yohana menilai orang tua harus melakukan delapan langkah dalam membangun motivasi. Sebenarnya motivasi itu dapat dibagi berdasarkan dua sumber, yakni internal dan eksternal.

Tips membangun motivasi tersebut diantaranya, orang tua harus ikut terlibat, orang tua juga diminta untuk sering mendengar, orang tua dapat membantu anak untuk memutuskan dan memahami dengan segala bentuk konsekuensi yang ada.

Lalu orang tua juga harus belajar memahami kondisi si anak, hal ini kadang yang jarang ada, karena orang tua kurang paham/sensitif dengan apa yang terjadi, terutama saat anak bosan belajar.

Halaman
12
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved