Breaking News:

Bursa Capres

Survei Pakar Sebut Anies Baswedan Capres dengan Integritas Tertinggi

Survei pakar ini mengukur 9 aspek yang perlu ada pada diri seorang presiden mendatang.

Warta Kota/Joko Supriyanto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survei Arus Survei Indonesia (ASI) bekerjasama dengan Sociomap melakukan survei pakar dari tanggal 2 hingga 10 Juli 2021.

Survei ini melibatkan pakar dari berbagai latar belakang profesi.

Ada 10 kategori profesi pakar yang dilibatkan yaitu akademisi, jurnalis, peneliti, partai politik, LSM, pengusaha, aktivis mahasiswa / pemuda, budayawan, professional dan praktisi pemerintahan.

Survei pakar ini mengukur 9 aspek yang perlu ada pada diri seorang presiden mendatang.

Sembilan aspek yang diukur itu adalah visi dan intelektualitas, rekam jejak (track record), karakter dan integritas, skill komunikasi, kemampuan mengambil keputusan, skill mengelola birokrasi, skill mengelola krisis, kemampuan memenuhi janji politik, dan terakhir adalah aspek kemampuan Kerjasama dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Baca juga: HNW: Ngotot Majukan Capres untuk Periode Ketiga Itu Tindakan Inkonstitusional

Dalam penjelasan surveinya, Direktur Eksekutif Sociomap Ahmad T Wibowo mengatakan pentingnya untuk mengukur aspek-aspek yang perlu ada pada diri seorang calon presiden karena itu adalah hal penting bagi masyarakat.

Masyarakat tidak hanya perlu tahu soal elektabilitas calon presiden.

“Pemilu masih 3 tahun lagi, masih ada cukup waktu untuk memberi alternatif informasi kepada masyarakat soal kapasitas calon presiden. Sejauh ini kan survei-survei yang terpublikasi adalah survei elektabilitas jadi penting kita mengukur kapasitas capres dalam perspektif pakar. Masyarakat perlu tahu bahwa memimpin negara besar ini memerlukan aspek-aspek kapasitas penting, tidak cukup hanya modal elektabilitas” ujarnya, Selasa (13/7/2021).

Ali Rif’an, Direktur Eksekutif Arus survei Indonesia dalam paparan hasil surveinya menyebutkan bahwa menurut para pakar, karakter dan integritas adalah aspek paling penting yang perlu ada pada capres 2024 nanti.

“Berdasarkan temuan survei pakar ini, aspek karakter dan integritas adalah aspek paling penting yang harus dimiliki oleh seorang presiden. Sebanyak 35.6% pakar memilih karakter dan integritas sebagai aspek paling penting, selanjutnya visi dan intelektualitas 24.2%, rekam jejak 18.2%, kemampuan mengambil keputusan tepat 9.8%, dan kemampuan memenuhi janji sebesar 7.6%” jelas Ali.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved